Usaha Camilan Kacang Permintaannya Semakin Kencang

Beragam jenis camilan kacang seperti misalnya kacang bawang, kacang atom, kacang telur, kacang kulit garing, kacang rempah, kacang polong, kacang mete, kacang kedelai, kacang koro, serta camilan kacang lainnya, terbilang sangat sering dicari para konsumen untuk menemani waktu santai mereka setiap harinya. Tak heran bila camilan jenis ini belakangan menjadi salah satu peluang usaha yang cukup potensial. Tertarik untuk mencobanya?

Berikut kami informasikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan para pemula maupun pelaku usaha yang tertarik menekuni peluang usaha camilan kacang.

Konsumen
Camilan kacang merupakan salah satu makanan ringan yang cukup praktis untuk disantap di kala santai. Tidah hanya itu saja, camilan kacang ternyata juga seringkali dijadikan sebagai hidangan praktis untuk menjamu para tamu, sebagai teman yang cocok ketika kumpul bersama keluarga, bahkan menjadi makanan favorit bagi para mahasiswa maupun pelajar ketika mereka mengerjakan pekerjaan rumahnya. Karena itu, Anda bisa membidik pangsa pasar yang cukup luas untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Info Bisnis

Sampai hari ini, camilan kacang tetap saja digemari para konsumen meskipun belakangan sudah banyak jenis makanan ringan modern yang memiliki cita rasa, dan bentuk cukup bervariasi. Bagi Anda yang tertarik ikut terjun di bisnis camilan aneka kacang, berikut kami informasikan beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan dari sekarang.

  1. Mencari informasi pusat camilan kacang terlengkap di kota atau daerah sekitar Anda. Semakin banyak pilihan produk yang Anda tawarkan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk menarik minat para konsumen.
  2. Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, ada baiknya bila Anda membeli produk camilan kacang dengan jumlah banyak untuk mendapatkan harga khusus grosiran yang tentunya relatif lebih murah.
  3. Pastikan bila Anda melengkapi produk camilan kacang dengan kemasan produk yang menarik dan didukung dengan sebuah label khusus bertuliskan nama brand produk camilan Anda. Hal ini penting agar produk camilan yang Anda pasarkan semakin mudah dikenali konsumen.
  4. Tawarkan produk camilan kacang dalam beragam ukuran, mulai dari kemasan 100 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kg, dan lain sebagainya. Langkah ini bisa Anda jalankan untuk membidik konsumen dari berbagai kalangan.

Kelebihan bisnis
Usaha Camilan Kacang Permintaannya Semakin KencangMelihat peluang pasarnya masih sangat besar, tidak salah bila banyak pemula yang memilih bisnis camilan sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan. Bukan hanya itu saja, para pemula juga tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar untuk merintis bisnis camilan. Sebab, Anda bisa menjalankan sistem konsinyasi atau titip jual dengan menggandeng beberapa produsen camilan kacang untuk melengkapi stok produk di toko Anda.

Selain itu, produk aneka camilan kacang juga bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk melengkapi kios toko camilan Anda dengan beragam variasi rasa. Seperti misalnya camilan kacang rasa pedas, manis, asin, dan gurih.

Kekurangan Bisnis
Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis camilan aneka kacang yaitu adanya competitor yang belakangan ini mulai mewabah ke berbagai daerah. Istilah peribahasa yang mengatakan “Ada gula ada semut” ternyata juga berlaku dalam dunia usaha. Sebab, dimana ada peluang usaha yang cukup menjanjikan, maka disitu pula akan muncul para pelaku bisnis baru maupun pemain lama yang berlomba mengais untung besar dari bisnis tersebut.

Untuk mengatasi kendala ini, ada baiknya bila Anda mulai aktif memperluas pasar dan menciptakan diferensiasi produk untuk menjaga loyalitas para konsumen. Bila produk Anda terlihat unik dan lebih menarik dibandingkan produk milik para kompetitor, maka tidak menutup kemungkinan bila mereka lebih memilih produk Anda dibanding jajanan ringan yang ditawarkan para pesaing Anda.

Strategi Pemasaran

Dalam menjalankan strategi pemasaran, Anda bisa mulai menggandeng keluarga, tetangga, teman dekat, maupun kolega Anda untuk menjadi agen maupun reseller produk Anda. Semakin banyak agen maupun reseller produk yang bekerjasama dengan Anda, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mempromosikan bisnis camilan tersebut secara luas. Manfaatkan strategi promosi word of mouth untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan beberapa toko swalayan, supermarket, toko oleh-oleh, dan restoran serta cafe di sekitar lokasi usaha Anda untuk menitipkan aneka jenis camilan kacang di toko mereka.

Selanjutnya untuk pemasaran online, Anda bisa mengoptimalkan peran dunia cyber atau internet untuk membuka lapak dagang di dunia maya. Promosikan produk Anda di beberapa situs online yang menyediakan lapak iklan gratis maupun berbayar, mendaftar di beberapa forum bisnis yang menyediakan fasilitas direktori online ataupun berbayar, serta memanfaatkan situs jejaring sosial seperti misalnya facebook, twitter, youtube, linked-in, google plus, dan lain sebagainya untuk mempublikasikan keberadaan bisnis Anda di ranah maya.

Kunci Sukses
Yang terpenting dalam menjalankan bisnis aneka camilan adalah memperhatikan kualitas rasa makanan ringan yang dipasarkan, serta melengkapi produk tersebut dengan kemasan dan brand produk yang unik dan menarik. Sekarang ini persaingan pasar di bisnis camilan cukup pesat, karena itu Anda harus pintar-pintar menarik perhatian konsumen dengan melengkapi produk Anda dengan kemasan yang unik dan menarik. Bila kemasaran Anda terlihat cantik, maka tidak menutup kemungkinan bila konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk-produk yang Anda pasarkan.

Related posts

Leave a Comment