Tips Dalam Bisnis Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Tips Dalam Bisnis Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sangat mudah untuk di budidayakan. Karna dalam perawatan ikan lele tidak termasuk ikan yang sukit unruk di pelihara. Maka dari itu, bisnis budidaya ikan lele bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan tidak bisa di anggap remeh.
Maka jika anda memang ingin untuk melakukan bisnis di bidang ini, sebaiknya anda harus mengetahui beberapa tips dalam budidaya ikan lele agar berhasil di lakukan.

Baca juga: Cara Membangun Sebuah Kesuksessan

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika ingin menjalankan bisnis budidaya ikan lele.

1. Pemihan Bibit lele

Hal yang penting untuk anda perhatikan dalam melakukan budidaya ikan lele adalah dengan pemilihan ikan lele. Bibit merupakan hal yang sangat penting yang akan mempengaruhi hasil panen anda pada saat waktunya untuk panen. Bibit ini akan berpengaruh pada kualitas ikan, kesehatan atau daya tahan ikan, hingga perkembagan ikan. Pastikan anda dalam memilih bibit ikan dengan kualitas unggulan, karena tidak semua ikan memiliki daya kembang dan daya tahan yang baik saat berada di dalam kolam.

2. Dalam memilih bibit perhatikan gerakan bibit ikan

saat anda sedang mencari bibit lele yang berkualitas, tentunya terdapat tanda-tanda fisik pada ikan, seperti bentuk tubuh yag sehat dan gerakan ikan yang lincah dapat menandakan kesehatan dan kualitas ikan. Pastikan bibit yang anda pilih benar-benar baik dan tidak cacat, warna lele tidak pucat dan bergerombol. Lele yang sehat akan selalu bergerak akti dan lele yang cendurung diam, menandakan bahwa ikan tersebut tidak sehat.

3. Perhatikan ukuran bibit

Bibit yang baik cenderung memiliki ukuran yang seragam. Artinya perkembangan bibit ikan antara satu dan yang lainnya rata. Jika ukuran tidak seragam misalnya ada yang ukuran besar dan yang lkainnya agak kecil maka termasuk kurang baik. Jika di gunakan sebagai bibit maka yang perkembangannya cepat akan menguasai kolam dan pakan dan yang kecil akan semakin terhambat. Bisa juga yang kecil ini termasuk bibit yang kurang berkualitas dan nantinya akan merugikan anda.

4. Menentukan Ukuran Kolam dan Kapasitas Ikan yang Ditampung

Setelah pemilihan bibit, hal lain yang perlu anda perhatikan dalam budidaya ikan lele adalah memperhatikan jumlah ikan atau bibit dalam tiap kolamnya. Gunakanlah perbandingan saat mengisi bibit ikan lele didalam kolam. Perbandingan ini sangat penting untuk perkembangan ikan lele. Jika anda kurang jeli dalam perhitungan ini maka bibit akan mati atau perkembangnnya terhambat. Misalnya, memberikan terlalu banyak jumlah ikan pada tiap kolamnya. Untuk mempermudah dalam perbandingan pembudidayaan ikan lele, anda bisa mengambil ikan lele sebanyak 100 ekor per meter persegi luas lahan dengan kedalaman 1,5 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *