Cara Memulai Bisnis Kecil Dengan Modal Pas-pasan

Cara Memulai Bisnis Kecil Dengan Modal Pas-pasan – Ingin menjadi orang sukses pastinya merupakan keinginan setiap orang, terlebih lagi bila sukses dengan memiliki usaha. Maka akan terasa bebas dalam mencari uang, tidak terikat pada waktu, aturan dan lain sebagainya. Namun jika ingin membuka suatu usaha pastinya orang akan berpikir memerlukan modal yang cukup besar. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, dalam melakukan bisnis agar sukses pastinya di perlukan langkah kecil dalam menuju kesuksesan.

Baca juga:
Tips Melejitkan Keuntungan Dari Toko Busana Muslim

Hal ini sangat di rekomendasikan khususnya bagi anda yang memiliki modal pas-pasan namun mempunyai angan menjadi pengusaha yang sukses. Bagi anda yang memiliki modal pas-pasan tidak perlu khawatir dalam mengatasi hal tersebut, di sini anda akan mendapatkan pelajaran untuk membuka usaha kecil dengan memiliki modal pas-pasan.

1. Pilih bisnis yang tepat (menyesuaikan keahlian dan permodalan)

Sebelum memulai bisnis, ada hal penting yang harus anda ketahui dan segera praktekkan. Pemilihan bisnis yang tepat’ adalah kunci kesuksesan suatu bisnis. Namun hal ini biasanya diterapkan di awal. Agar tidak menyesal di kemudian hari, anda harus jeli dalam menentukan bisnis yang (bakal) anda tekuni.

Kalau salah pilih, maka anda akan berkutat di lingkaran bisnis yang salah dan itu pertanda akan terjadinya kegagalan.

Adapun cara menentukan bisnis yang tepat antara lain:

– Pilih bisnis yang benar-benar dibutuhkan masyarakat (kalau bisa kebutuhan pokok)
– Pilih bisnis yang long term (bagus untuk jangka panjang)
– Pilih bisnis yang tahan terhadap krisis ekonomi
– Pilih ‘skala’ bisnis menyesuaikan permodalan yang anda miliki
– Jangan lupa, identifikasi bisnis tersebut — apakah sesuai dengan pangsa pasar di daerah anda.

Apabila kelima langkah di atas sudah anda terapkan, maka segera-lah jalankan bisnis tersebut.

2. Jalankan dari rumah apabila tidak mampu menyewa atau membeli toko

Pilih bisnis yang tepat dengan menyesuaikan keahlian dan permodalan. Sebelum memulai bisnis, ada hal penting yang harus anda ketahui dan segera praktekkan. Pemilihan bisnis yang tepat adalah kunci kesuksesan suatu bisnis.

Namun hal ini biasanya diterapkan di awal. Agar tidak menyesal di kemudian hari, anda harus jeli dalam menentukan bisnis yang akan anda tekuni.

Kalau salah pilih, maka anda akan berada dalam bisnis yang salah dan itu pertanda akan terjadinya kegagalan.

Adapun cara menentukan bisnis yang tepat antara lain:

– Pilih bisnis yang benar-benar dibutuhkan masyarakat (kalau bisa kebutuhan pokok)
– Pilih bisnis yang long term (bagus untuk jangka panjang)
– Pilih bisnis yang tahan terhadap krisis ekonomi
– Pilih ‘skala’ bisnis menyesuaikan permodalan yang anda miliki
– Jangan lupa, identifikasi bisnis tersebut

Apabila kelima langkah di atas sudah anda terapkan, maka segera-lah jalankan bisnis tersebut.

3. Pemasaran lewat internet

Di era internet seperti sekarang, orang-orang semakin sering berinteraksi dengan internet. Biasanya yang paling banyak mereka akses adalah media sosial Facebook, Instagram, dll serta media chatting BBM, WhatsApp, dll.

Melihat akan kebiasaan orang-orang tersebut, sangat tepat jika anda mempromosikan produk / jasa yang anda jual via Facebook, Instagram, WhatsApp, BBM, dan media lainnya.

Daripada anda beriklan di koran yang memerlukan biaya, atau di TV yang biayanya terlalu mahal, berpromosi di internet itu GRATIS. Jadi, manfaatkan-lah media promosi gratis seperti internet untuk promosi bisnis anda.

Cobalah beberapa cara di bawah ini:

– Facebook: buat akun anda di Facebook menggunakan nama bisnis anda, kemudian rajin-rajinlah mempromosikan produk/jasa anda di grup-grup yang relevan dengan bisnis anda. Apabila modal anda cukup, anda bisa beriklan di Facebook anda.

– Instagram: Buat akun Instagram menggunakan nama bisnis anda, kemudian posting foto-foto produk/layanan yang anda jual, lalu follow akun-akun potensial yang sesuai dengan pasar anda sembari berharap mereka mengecek timeline dan memfollback anda. Apabila anda memiliki modal untuk beriklan, gunakan jasa para endorser yang relevan dengan produk/jasa yang anda jual.

– BBM dan WA: BBM dan WA adalah sarana komunikasi tahap akhir, di mana calon pembeli sudah siap untuk membeli produk/jasa anda. Namun, anda bisa tetap mempromosikan bisnis anda di sana, seperti sering-sering update foto dan status mengenai produk/jasa yang anda jual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *