Beberapa Macam Bisnis Iventasi Yang Dapat Memberi Keuntungan.

Beberapa Macam Bisnis Iventasi Yang Dapat Memberi Keuntungan. – Sekarang ini investasi telah menjadi peluang yang banyak di cari serta di jalankan banyak orang demi meraup keuntungan. Cakupan investasi telah menjadi semakin luas, bukan hanya sebatas uang yang dapat di investasikan. Namun sekarang ini emas, rumah, apatermen, property bahkan obligas dapat di jadikan sebagai bahan untuk invesatasi. Pada awalnya investasi terbagi menjadi beberapa macam jenis.

Baca juga:

Secara umum investasi di bagi menjadi 2 yaitu
– Investasi aset rill
– Investasi aset finansial

nvestasi dengan aset riil adalah investasi yang paling umum dan banyak dilakukan, sedangkan investasi aset finansial adalah aset yang secara fisik wujudnya tidak terlihat,tetapi mempunyai nilai yang lumayan tinggi.
Biasanya aset finansial terdapat pada dunia perbankan dan pasar modal.Di negara kita dikenal dengan Bursa Efek Indonesia. Yang termasuk aset finansial diantaranya: instrumen pasar uang,saham obligasi dan reksa dana.
Aset riil dan aset finansial,keduanya dapat dipertimbangkan untuk bisnis investasi untuk meraih keuntungan.
Perlu diingat dalam berinvestasi pasti selalu ada resiko mengenai kehilangan modal,sehingga sangat penting untuk memilih investasi yang cocok dengan kemampuan dan kebutuhan kita.

Berikut beberapa macam bisnis invesatasi yang dapat memberi keuntungan.

Mata Uang Asing

Di Indonesia nilai mata uang negara asing sangat fluktuatif. Semua mata uang negara asing dapat anda jadikan sebagai alat investasi,namun bisnis investasi ini memiliki potensi resiko yang lebih besar dengan investasi lainnya seperti saham.
Hal ini karena mata uang negara asing di Indonesia memiliki sistem mengambang bergerak bebas (free Floating) artinya nilainya tergantung pada supply and demand atau permintaan dan penawaran dipasaran.

Property

Investasi property biasanya dalam bentuk tanahm, rumah, kontrakan, apatermen dan lain sebagainya. Hal yang paling menjajikan dan pasti menguntungkan adalah berupa investasi tanah, pasalnya harga tanah pasti akan terus naik, hal ini karena semakin banyak sekarang orang yang membutuhkan tempat tinggal.
Investasi rumah kontrakan juga sangat berpotensi meraih pendapatan pasif,selain rumah kontrakannya masih milik kita,kita terus mendapatkan profit dari biaya sewa.

Reksa Dana

Reksa dana adalah suatu wadah yang berfungsi untuk menghimpun dari masyarakat dan dikelola oleh badan hukum Manajer Investasi untuk selanjutnya diinvestasikan ke aset finansial lainnya. Dana tersebut pada umumnya akan disimpan pada bank penyimpanan yang disebut bank kustodian.
Reksa dana merupakan jalan keluar bagi mereka yang ingin melakukan investasi kedalam aset yang besar ,tetapi memiliki modal yang terbatas.

Hal tersebut kemungkinan karena uang yang dihimpun dari banyak orang/pihak cukup banyak yang selanjutnya dapat diinvestasikan pada saham,obligasi serta instrumen pasar uang yang sesuai berdasarkan kebijakan Manajer Investasi. Disamping itu reksa dana adalah solusi bagi kita yang mempunyai keterbatasan pengetahuan dan informasi untuk melakukan analisis investasi dan bagi kita yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengawasi pergerakan naik turun harian saham serta obligasi.

Emas

Emas adalah barang berharga kedua yang paling dapat diterima di seluruh dunia,setelah mata uang negara G-7 (julukan untuk 7 negara berekonomi tinggi yaitu Amerika,Inggris,Jerman,Italia,Kanada ,Perancis dan Jepang).Harga atau nilai jual emas akan mengikuti kenaikan nilai mata uang dari negara negara tersebut.
Semakin tinggi kenaikan nilai mata uang tersebut maka semakin naik tinggi juga harga emas.Disamping itu harga emas biasanya akan berbanding lurus dengan inflasi.
Semakin tinggi inflasi,semakin tinggi juga kenaikan harga emas,bahkan sering kenaikan harga emas melebihi kenaikan inflasi itu sendiri.

Obligasi

Sertifikat obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah ataupun perusahaan,dengan tujuan untuk menambah modal perusahaan maupun untuk tujuan membiayai sebuah proyek milik pemerintah. Karena karakternya yang mirip dengan deposito,maka agar lebih menarik minat para investor,suku bunga dari obligasi biasanya lebih besar dibanding suku bunga dari deposito. Disamping itu surat obligasi juga dapat dijual lagi kepihak lain dengan harga yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *