Menangkan Persaingan Pasar! 3 Langkah Sukses Terapkan Blue Ocean Strategy

Persaingan bisnis semakin tahun memang semakin sengit. Keadaan ini membuat banyak pengusaha harus pintar-pintar mengeluarkan jurus, taktik dan strategi bisnis yang tepat untuk menembus ketatnya #persaingan bisnis tersebut. Strategi bisnis memang sangat penting untuk pegusaha guna memenangkan persaingan pasar. Salah satu strategi bisnis yang kemudian dipakai para pebisnis untuk mengalahkan kompetitor adalah blue ocean strategy.

Blue Ocean Strategy sendiri adalah sebuah strategi bisnis untuk menaklukan ketatnya persaingan yang dipaparkan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne dengan cara menciptakan pangsa pasar baru yang belum pernah dilirik maupun tersentuh oleh para kompetitornya.
Strategi ini mengajarkan pada para pengusaha untuk menghindari ceruk pasar yang sudah jenuh dengan persaingan dan menciptakan sebuah ruang baru yang lebih potensial. Ruang baru ini tentunya harus diperjuangkan oleh pebisnis agar memberikan nilai tambah pada bidang bisnis baru tersebut. Lalu, bagaimana cara dan langkah sukses untuk bisa menerapkan blue ocean strategy ini? Berikut ulasannya.

1. Tetap Fokus Pada Ceruk Pasar yang Diminati Konsumen

Langkah pertama untuk sukses menjalankan blue ocean strategy adalah memfokuskan diri pada ceruk pasar yang diminati konsumen. Meskipun strategi ini berfokus pada penciptaan peluang bisnis baru, namun Anda harus tetap harus berpikir keras untuk mengamati pasar dan peminatan pasar. Jangan sampai Anda sembarangan dengan menciptakan bidang baru yang justru membuat bisnis Anda mati secara perlahan.

Lalu bagimana caranya? Anda bisa saja melakukan pembaruan atau modifikasi bisnis lama menjadi sesuatu yang baru hingga kemudian menciptakan bisnis yang baru. Inilah yang kemudian dilakukan oleh beberapa pengusaha seperti Bobby Handojo Gunawan dalam mengembangkan bisnis café & resto yang Ia beri nama Dream Cars Resto And Café, di Surabaya.

Dari hobi otomotif yang Ia miliki, Bobby memodifikasi bisnis lama yaitu restoran & café menjadi sesuatu yang unik yakni restoran dengan konsep otomotif. Dengan koleksi mobil tua yang dimilikinya, Bobby menjadikan restorannya menjadi bisnis baru yang baru dan menarik bagi para konsumen meskipun tanpa dukungan strategi #promosi yang begitu serius.

2. Menciptakan Sebuah Pembeda

Untuk menciptakan bisnis yang baru, Anda tentu harus membuat suatu pembeda atau perbedaan. Blue ocean strategy disini memang mengajarkan kepada pebisnis untuk selalu kreatif dan berinovasi guna menciptakan sesuatu yang baru. Hasilnya, produk yang akan dihasilkan dari strategi ini akan unik dan memiliki nilai tambah yang belum pernah dimiliki kompetitor lain. Untuk menciptakan hal seperti ini, faktor pembeda menjadi sebuah syarat mutlak untuk pebisnis mencapai sukses dalam menjalankan blue ocean strategy.

Salah satu pebisnis yang sukses menjalankan langkah kedua ini adalah Rachman S Said, Alumni IPB Fakultas Teknologi Hasil Pertanian. Rachman terkait strategi ini telah berhasil menciptakan mie inovatif dengan memanfaatkan bahan baku labu sebagai pengganti tepung terigu.

Dari inovasinya ini lahirlah Bumie (labu mie) sebagai nama brand produknya yang laris manis dengan permintaan konsumen yang terus meningkat dan mencapai kapasitas produksi yang menembus 10.000–20.000 bungkus labu mie per bulan.

3. Memiliki Slogan yang Unik dan Berkesan Di Hati Para Pelanggan

Terakhir, langkah untuk sukses menjalankan Blue Ocean Strategy adalah dengan menciptakan logo dan slogan yang unik dan berkesan di hati para pelanggan. Slogan memang sesuatu yang penting bagi pebisnis untuk memikat konsumen.

Dengan slogan yang unik dan menarik, bisnis Anda akan selalu dikenal dan dikenang dalam waktu jangka yang lama oleh masyarakat. Dengan slogan yang unik dan menarik, bisnis Anda juga akan mampu menciptakan kesan khusus yang kuat di hati para pelanggan Anda.

Beberapa perusahaan besar seperti McDonald pun tak ketinggalan menjalankan strategi ini. Kita mungkin tidak akan pernah lupa dengan slogan I’m lovin’ it yang selalu menjadi tagline McDonald. Dalam hal ini McDonald memang telah sukses menjalankan blue ocean strategy dalam hal pencipataan slogan yang unik dan menarik. Dengan slogan ini sangat wajar jika kemudian para pelanggannya yang tersebar di seluruh dunia selalu ingat dengan restoran cepat saji ini.

 

Related posts

Leave a Comment