Peluang Bisnis Rumahan Jasa Penitipan Anak

Meninggalkan anak untuk pergi bekerja adalah hal yang sangat berat bagi para orang tua yang memiliki tingkat kesibukan cukup tinggi di luar rumah. Apalagi bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, banyak sekali dari mereka yang sangat sibuk mengurusi pekerjaan kantor sehingga mereka pun tidak mempunyai banyak waktu untuk sekedar mendampingi anak-anaknya bermain. Alhasil, banyak para orang tua yang memilih untuk menggunakan jasa penitipan anak.

Berdasarkan fenomena tersebut, jasa penitipan anak saat ini sangatlah dibutuhkan terutama di kota-kota besar dimana para wanita umumnya juga ikut bekerja di kantor. Bisnis jasa penitipan anak adalah tempat yang menawarkan jasa untuk pengasuhan anak. Peluang bisnis rumahan jasa penitipan anak ini memiliki prospek yang menjanjikan baik dari segi segmentasi pasar maupun segi keuntungan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda ikut membuka jasa penitipan anak. Selain mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar, dengan bisnis rumahan ini Anda juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Konsumen

Target konsumen atau pengguna jasa penitipan anak adalah sebagian besar para orang tua yang sibuk bekerja dan kurang mempunyai cukup waktu pada jam-jam tertentu untuk mengasuh anak-anak mereka atau hanya sekedar mengajaknya bermain.

Memulai Bisnis         

Untuk memulai bisnis rumahan penitipan anak, mulailah dari anak-anak yang ada disekitar rumah Anda terlebih dahulu. Selain Anda lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari para orang tua karena sudah saling kenal, Anda juga akan lebih mudah mengontrol kondisi terbaik yang diinginkan oleh anak seperti layaknya rumah sendiri.

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis jasa penitipan anak seperti halnya persiapan tempat, persiapan modal, persiapan sumber daya manusia atau baby sitter, persiapan konsep usaha, pengetahuan tentang bayi dan anak serta persiapan untuk promosi.

Saat Anda membuka bisnis jasa penitipan anak, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisnis rumahan yang Anda rintis dapat berjalan dengan baik.

  1. Melakukan survei tempat untuk membuka usaha, apakah disekitar tempat tersebut banyak orang yang membutuhkan jasa penitipan anak atau tidak.
  2. Mempelajari tentang psikologi anak.
  3. Melakukan perekrutan sumber daya manusia (SDM) atau baby sitter. Syaratnya harus mempunyai banyak waktu luang dan mau menciantai anak-anak.
  4. Membuat dan mempersiapkan kurikulum untuk pendidikan anak yang diasuh.
  5. Mempromosikan bisnis jasa penitipan anak pada orang-orang yang membutuhkan terutama penduduk yang tinggal di lingkungan sekitar Anda.
  6. Membuat tempat penitipan anak menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak sehingga mereka betah disana, karena kenyamanan merupakan hal yang utama bagi anak-anak.
  7. Menjalin hubungan baik dengan para orang tua yang menitipkan anaknya di tempat penitipan anak milik Anda.

Keuntungan Bisnis

Dalam menjalankan bisnis jasa penitipan anak, Anda bia memanfaatkan waktu luang yang Anda miliki sehingga tidak terbuang dengan sia-sia. Rumah Anda juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mengelola bisnis jasa penitipan anak. Sehingga, selain bisa menghasilkan uang atau pemasukan sampingan, rumah Anda yang semula sepi akan menjadi ramai dengan celoteh anak yang Anda asuh. Tidak hanya itu saja, dengan membuka jasa penitipan anak ini Anda juga bisa membuka gerai atau toko makanan yang menjajakan aneka makanan bergizi sehingga anak-anak tidak akan jajan sembarangan.

Related posts

Leave a Comment