Melirik Peluang Usaha Kecil Menengah Dengan Modal Kecil

Usaha Kecil Menengah adalah motor penggerak bagi perekonomian Indonesia. Bila tidak ada UKM, maka Indonesia sudah kalang kabut dalam menghadapi krisis yang terjadi. Oleh karena itu, sebagai bangsa yang kreatif dan mandiri, usaha ini sudah selayakya dikembangkan dan menjadi poros untuk memandirikan bangsa.

Usaha ini juga tidak bisa diremehkan, meksipun dimulai dengan modal kecil dan juga dengan cara bisnis yang sederhana, namun bisa melahirkan keuntungan yang besar. Bahkan, bisa mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia dan di daerah. Untuk itulah, bagi yang sedang mencari kerja, kenapa tidak banting setir saja dan menggeluti usaha ini untuk menciptakan masa depan keluarga dan bangsa yang lebih baik lagi?

Ada banyak ide bisnis untuk UKM bag yang ingin memulainya. Tidak perlu kesusahan, karena dengan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di sekitar, kita bisa memanfaatkannya sebagai bahan bakar untuk usaha kita.

UKM bidang kuliner
Usaha kecil menengah bidang kuliner memang banyak sekali ditemui. Mulai dari usaha makanan ringan, kue hingga makanan tradsional yang memiliki pasar yang sangat besar di Indonesia. Bahkan ada juga yang sampai di ekspor ke luar negeri lho. Hebat, bukan para pelaku UKM ini?

Dalam ranah bisns ini juga ada aneka minuman yang bisa jadi ide bisnis yang strategis dan memiliki prospek yang menjanjikan. Mulai dari pedagang minuman gerobak, sampai minuman es kelapa muda, sama-sama memberikan pintu kesuksesan yang cukup luas bagi yang mau memasukinya.

Aneka usaha rumahan makananpun bisa digeluti, seperti angkringan, kedai kopi hingga warung makan sederhana. Nyatanya, mereka inilah yang bisa bertahan meskipun krisis terjadi di mana-mana. Bisnis inipun kian tahun kian menunjukkan prospek yang baik. Karena makanan merupakan kebutuhan pokok dari setiap orang jadi jangan heran jika banyak orang kaya yang terlahir dari bisnis UKM bidang kuliner.

UKM bidang fashion
Usaha fashion tak pernah mati dan surut. Ada saja inovasi dalam bisnisi ini hingga selalu membuka usaha yang lebih luas lagi. Jangkauan usaha ini pun makin luas. Bagi UKM yang kreatif, bisa mengembangkan produk fashion tradisional, seperti batik atau kain tenun.

Nyatanya, mereka yang bergelut di bidang ini tak pernah sepi permintaan, bahkan bisa memproduksi berbagai barang ekspor yang bernilai jual tinggi. Jadi, tidak salah jika kita turut terjun ke ranah ini dan menjadi slaah satu penggerak usaha kecil menengah yang turut mensejahterakan bangsa dan masyarakatnya.

Yang menarik dari bisnis ini adalah kita bisa memulainya dengan modal yang minim sekaliapun. Tak perlu modal besar dan membuka toko yang besar untuk memulai. Cukup dengan modal kecil, kita bsisa menawarkan produk baik kepada perseorangan ataupun kepada reseller untuk dijualkan. Dengan membuat jaringan macam ini, kita bisa meraih untung yang tak sedikit bahkan lebih besar ketimbang gaji sebgaai pegawai atau karyawan kantoran.

UKM bidang otomotif
Perkembangan dunia otomotf di dunia pada umumnya dan di Indonesia khususnya membuka peluang untuk membuka usaha di bidang ini. Otomotif pun menjadi bidang yang banyak diirik oleh para pelaku usaha. Untuk memulainya pun cukup mudah, tidak perlu modal besar dan effort yang besar pula untuk memulainya. Jadi mulailah menjadi orang yang turut menjadikan bangsa mandiri dengan UKM bidang otomotif.

Ada banyak ide usaha bidang ini, seperti spare part, jasa cuci mobil atau motor, dan juga menjual aneka perlengkapan dan aksesoris mobil atau motor. Kita juga bisa bisnis jual beli motor, seperti menjual kembali motor untuk mendapat keuntungan. Bagi yag mau jeli dan aktif, maka mereka bisa dapat keuntungan yang besar dari bisnis sederhana ini.

UKM bidang agrobisnis
Bidang agribisnus tidak boleh dilupakan. Inilah salah satu usaha kecil menengah yang memiliki prospek yang bagus dan menguntungkan. Ada aneka produk dari agribisnis, mulai beras, sayur, buah, dan berbagai budi daya tanaman hias yang membawa keuntungan bagi pemilik usahanya.

Bagi anak muda, tak banyak yang berminatt menggeluti bidang ini, padahal, keuntunganya sangat besar. Apalagi hewan ternak, bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menggiurkan. Untungnya bisa besar. dan jika dirawat di desa atau kampung, kita tak kesulitan mencari pakan dan pemeliharaannya.

Potensi hewan ternak untuk dijadikan usaha memang cukup besar. Pasar untuk produk agrosinsi ini pun terbuka lebar, bahkan semakin meningkat kian hari seiring meningkatnya pola konsumsi masyarakat dunia dan Indonesia. Banyak produk yang berpotensi untuk jadi produk ekspor dan membwa keuntungan yang besar.

Oleh karena itu, sebagai anak muda sebaiknya bukan hanya berorientasi pada profesi menjadi pegawai saja, Namun ada baiknya berpikir lebih luas lagi untuk menggeluti profesi sebagai pebisnis dengan UKM yang bisa menyelamatkan banyak orang dengan adanya lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi.

Related posts

Leave a Comment