Ingin Memulai Bisnis? Cermati 4 Pilar Bisnis Berikut Ini

Selain kebebasan finansial yang bisa dimilikinya, menjadi pebisnis saat ini memiliki gengsi yang sangat tinggi. Sayangnya meski peminatnya sangat besar, namun untuk memulai bisnis banyak orang yang masih mengalami kesulitan dan hambatan.

Kesulitan dan hambatan ini yang menjadikan banyak #ide bisnis dan impian yang terhempas sia-sia. Jika ditelusuri memulai apapun termasuk bisnis memang akan terasa sangat sulit. Ibarat mendorong sebuah kendaraan, pada awalnya Anda akan kesusahan, tapi setelah melangkah dan melalui periode ini, Anda pun akan lebih ringan untuk melangkah dan menjalankan kendaraan tersebut.

Menurut pendiri Indonesia Young Entrepreneur (IYE), Christovita Wiloto, jika seseorang memang berniat untuk berbisnis, maka ada empat pilar bisnis yang penting dan disarankannya untuk dicermati agar sukses. Lalu apa saja 4 pilar penting bisnis tersebut? Berikut ulasannya.

1. Motivasi

Pilar bisnis pertama yang harus dicermati saat akan memulai bisnis adalah #motivasi. Motivasi memang merupakan modal utama seorang pebisnis dalam menggerakan roda binsis. Dunia bisnis yang penuh dengan tantangan dan rintangan tentu membuat pilar motivasi ini sangat dibutuhkan para pebisnis untuk terus melangkah maju.

Banyak tokoh dan pakar bisnis sendiri mengibaratkan motivasi ini sebagai bahan bakar bagi perjalanan sebuah bisnis. Sedikit banyaknya bahan bakar yang dimiliki pebisnis inilah penentu seberapa panjang nafas mereka untuk tetap melangkah menjalankan bisnisnya.

2. Lingkungan

Lingkungan merupakan pilar berikutnya yang harus Anda cermati untuk mulai menggerakkan bisnis. Kenapa harus lingkungan? Karena dengan lingkungan yang mendukung tentu Anda akan lebih cepat berkembang dan bertumbuh.

Menurut Christovita Wiloto akan ada banyak manfaat yang akan didapat oleh pebisnis jika mereka mau bergabung dalam lingkungan atau #komunitas entrepreneur. Manfaat yang dimaksud antara lain bila bisnis Anda mengalami masalah, maka Anda dapat bekerjasama dengan orang-orang di dalam lingkungan tersebut untuk memecahkannya.

Selain itu Anda juga dapat menjadikan lingkungan ini sebagai wadah untuk belajar mengenai seluk beluk bisnis dari para pebisnis yang sudah berpengalaman. Ini karena biasanya lingkungan komunitas ini biasanya akan sering menggelar diskusi dan pembahasan tentang hal-hal terkait bisnis.

3. Jaringan atau Koneksi

Seorang pebisnis tanpa jaringan ibarat berjalan dijalanan tanpa penunjuk arah. Anda bisa saja kebingungan atau bahkan tersesat. Jika sudah demikian, maka bisnis Anda mungkin saja berhenti di tempat atau bahkan gulung tikar. Jaringan atau koneksi memang akan sangat berperan untuk bisnis terutama untuk Anda yang sedang memulai bisnis.

Untuk mendapatkan jaringan atau koneksi bisnis ini banyak cara yang bisa dilakukan seperti menghadiri beberapa event bisnis. Saat Anda mendatangi event bisnis ini maka akan bertemu dengan banyak pebisnis.

Jangan lupa untuk berinteraksi dan berkenalan dalam pertemuan event bisnis tersebut. Dengan memiliki pilar bisnis ini Anda akan dapat dengan mudah untuk memulai dan bahkan mengembangkan bisnis Anda.

4. Simulasi dan Praktek

Terakhir, pilar bisnis yang harus dicermati pengusaha saat akan memulai bisnis adalah simulasi dan praktek. Simulasi dan praktek memang juga sangat penting bagi para pengusaha untuk membuatnya yakin dan percaya diri untuk menjalankan bisnis.

Simulasi dan praktek sendiri dijalankan dengan terus menerapkan dan melakukan teori dan ilmu apapun yang sudah Anda dapatkan. Dengan selalu action ini Anda akan menambah jam terbang dan pengalaman sehingga bisa mengasah insting bisnis Anda. Dengan demikian pada akhirnya Anda akan membangun pondasi yang kuat untuk menggerakkan serta mengembangkan bisnis Anda.

Related posts

Leave a Comment