Keuntungan Waralaba Online

Bisnis waralaba online adalah bentuk lain dari jenis waralaba yang dapat Anda jalankan. Menjalankan bisnis waralaba onlie terbilang cukup mudah karena modal yang jauh lebih kecil tetapi keuntungan yang Anda dapatkan juga tidak sedikit.

Konsep bisnis waralaba

Bisnis waralaba atau franchise memiliki konsep yang sederhana yaitu pemilik waralaba (franchisor) memberikan hak kepada pembeli waralaba (franchisee) untuk memasarkan produknya. Biasanya keuntungan yang didapat dari franchisee sebagian disetorkan kepada franchisor, tetapi ada juga yang tidak sesuai dengan kontraknya. Bentuk waralaba tidak terbatas hanya di makanan dan minuman saja, tetapi sudah menjalar ke bidang kecantikan, laundry, kesehatan, pendidikan, otomotif, media cetak, retail, olahraga, dan lain sebagainya.

Jenis bisnis waralaba dibagi menjadi 2 secara umum. Yang pertama adalah bisnis waralaba offline yang sebagaimana kita telah ketahui wujudnya. Pada waralaba offline, franchisee membeli produk dari franchisor yang berupa barang fisik dan kelengkapan lainnya. Waralaba jenis ini biasanya membutuhkan modal yang cukup besar tergantung dari nilai merk waralaba tersebut. Jenis yang kedua hanya membutuhkan modal yang jauh lebih kecil dibanding waralaba offline, dan tidak memerlukan sarana dan prasarana yang memakan tempat dan tenaga. Franchisee hanya bermodal internet dan komputer lalu mendaftarkan diri ke franchisor. Waralaba jenis ini disebut dengan bisnis waralaba online.

Keuntungan bisnis waralaba online

Bayangkan saja misalnya Anda ingin membeli gerai makanan gerobak. Gerai makanan lokal gerobak membutuhkan modal minimal 5 juta rupiah. Setelah modal terkumpul, Anda harus memikirkan mengenai strategi penjualan agar makanan Anda laku. Banyaknya bisnis waralaba di Indonesia mengakibatkan semakin sulitnya mencari lokasi yang strategis untuk memasarkan produk Anda. Belum lagi tenaga dan waktu yang harus Anda korbankan untuk menjaga gerobak Anda dan melayani pembeli. Dengan bisnis waralaba online, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal-hal teknis. Anda juga tidak perlu repot-repot datang ke lokasi bisnis Anda karena Anda dapat bekerja di rumah atau di warnet.

Bisnis waralaba online berjalan terus selama 24 jam tanpa henti, jadi ketika Anda sedang tidur atau bersantai pun uang akan terus mengalir kepada Anda. Modal yang dibutuhkan sangat kecil, hanya berkisar puluhan hingga ratusan ribu sekali seumur hidup Anda dapat menikmati keuntungan hingga ratusan juta per bulan. Keuntungan yang besar didapat dari wilayah pemasaran yang tak terbatas, franchisee hanya tinggal mempromosikan via iklan baris atau bahkan akun sosial media. Dengan modal yang kecil, BEP pun akan cepat terlaksana dan selanjutnya Anda tinggal mengantongi keuntungan berlimpah. Hal-hal teknis seperti programming, membuat website, dan pengelolaan sudah dilakukan oleh franchisor sehingga franchisee tidak perlu repot. Bisnis waralaba online menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan tanpa perlu menghadapi resiko bisnis yang besar.

Related posts

Leave a Comment