8 Tips Sukses Bisnis Warung Sembako Modal Kecil

8 Tips Sukses Bisnis Warung Sembako Modal Kecil

Apabila anda ingin menjalankan bisnis ini ada beberapa hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu, berikut silahkan anda simak ulasannya lebih lanjut :

1. Ruang usaha
Anda cukup menyiapkan atau memanfaatkan ruang kosong dirumah anda, atau kalau anda mempunyai tempat lain anda bisa memanfaatkannya untuk membuka toko sembako. Gunakanlah ruangan atau tempat yang sangat mudah untuk dijangkau oleh pembeli, misalnya didepan rumah anda atau ruangan yang paling depan.

2. Peralatan usaha
Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka warung sembako cukup sederhana sekali. Anda cukup menyiapkan etalase, ATK, timbangan, kalkulator, dan tempat untuk menaruh barang, misalnya kotak atau toples.

3. Produk
Anda perlu menyediakan barang yang akan anda jual. Untuk lebih baiknya anda perlu melakukan analisis pasar supaya anda tahu barang barang yang sering dicari pembeli dan cepat laku. Setelah semua sudah selesai lalu carilah agen untuk kulakan supaya anda mendapatkan barang dengan harga miring agar tidak kalah dengan pesaing anda.

4. Posisi warung
Anda terlebih dahulu harus bisa melihat dan mengatur tempat warung anda, buatlah semenarik mungkin. Dengan penataan yang bagus dan rapi supaya pembeli bisa mudah melihat produk yang anda jual. Serta pastikan ketersediaan barang selalu banyak, jangan sampai banyak barang yang kosong dan cek selalu barang anda.

5. Harga Sembako
Biasanya warung sembako mejual berbagai macam barang dan dimana harganya juga bermacam macam. Ada juga barang yang selalu naik turun harganya, jadi pastikan anda selalu update atau rajin mengecek harga barang. Apabila anda jarang mengecek harga maka di takutkan kalau anda bisa rugi karena siklus naik turunnya harga barang.

6. Pelayanan
Untuk pelayanan anda bisa memberi pelayanan yang baik, misalnya jadilah pemilik warung yang ramah, sopan, murah senyum, sabar, cepat dalam melayani, maka dapat dipastikan konsumen akan senang dan akan selalu datang kembali membeli barang anda.

7. Setrategi pemasaran
Meskipun warung yang anda jalankan adalah warung sederhana namun anda memerlukan setrategi pemasaran dikarenakan warung sembako adalah bisnis rumahan yang berada di sekitar perkampungan. Maka dari itu lakukan pemasaran dengan setrategi pemasaran dari mulut kemulut. Sangat penting sekali apabila anda memberi tahu kepada masyarakat bahwa anda memiliki warung sembako. anda juga bisa memasang sepanduk dengan nama warung anda dan produk apa saja yang anda jual.

8. Komunikatif
Ada salah satu cara tebaik untuk mengatasi persaingan dalam bisnis rumahan seperti warung sembako adalah kemampuan dan keahlian anda dalam berkomunikasi dengan konsumen. Anda bisa menampung saran mereka dan cari tahulah kubutuhan apa yang mereka butuhkan mungkin saja diwarung anda barang tersebut tidak ada. Hal tersebut sangat membantu anda agar pelayanan anda semakin optimal.

Related posts

Leave a Comment