5 Contoh Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjanjikan

Bisnis dibidang pertanian sudah tidak asing lagi bagi anda terutama yang bertempat tinggal didesa. Sebenarnya bisnis pertanian ini tidak hanya untuk orang orang yang ada di pedesaan, namun orang orang yang bertempat tinggal dikota juga bisa menjalankan usaha ini. Bisnis pertanian bisa anda jalankan di pekarangan rumah, kebun dan lahan sekitar rumah. Tempat yang sekiranya bisa di manfaatkan untuk menanam bisa anda gunakan.

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang berprofesi dibidang pertanian, Hampir ada 70% yang menjalani profesi tersebut. Terutama hasil pertanian yang di kelola adalah tanaman padi dan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat. Ada beberapa peluang usaha bidang pertanian selain menananm padi dan tanaman tersebut sama pentingnya sebagai pelengkap kebutuhan pokok.

Salah satu bisnis pertanian yang menjanjikan yaitu dengan menanam padi membutuhkan lahan yang luas. Selain menanam padi anda juga bisa menanam palawija yang merupakan salah satu pelengkap kebutuhan pokok. Tetapi palawija juga membutuhkan lahan yang cukup luas sama halnya dengan tanaman padi. Tetapi bagi anda yang ingin bercocok tanam palawija anda bisa memanfaatkan lahan dipekarangan sekitar rumah anda. meskipun tidak luas anda bisa memanfaatkannya untuk bercocok tanam.

5 Contoh Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjanjikan

Contoh peluang bisnis pertanian yang menjanjikan

Inilah contoh tanaman yang bisa anda tanam di kebun atau pekarangan sekitar rumah anda

1. Tomat
Sayur yang satu ini sangat mudah untuk ditanam dan bisa tumbuh dimana saja. Sayur ini termasuk sayur yang masuk dalam kategori buah buahan. bila anda suka dengan tanaman tomat anda bisa mencoba menanamnya, namun untuk harga tomat naik turun, tidak menentu.
Anda juga bisa menanam tomat dalam jumlah kecil di sekitar rumah anda sebagai kebutuhan sendiri.

2. Cabai
Cabai adalah tanaman yang pedas dan cabai ini memiliki 2 jenis, cabai rawit dan cabai merah. Cabai termasuk pelengkap dari kebutuhan bumbu dapur. Apabila anda mempunyai lahan yang cukup luas anda bisa mencoba menanam cabai. Untuk anda yang mempunyai lahan besar cobalah untuk menananm cabai merah. Untuk anda yang memiliki lahan sekitar rumah saja anda bisa menanam cabai rawit. Anda bisa menanam pada polibek atau pot.

3. Bumbu dapur
Bumbu dapur sangat penting sebagai bahan untuk pelengkap memasak, karena bumbu dapur adalah bahan dasar sebelum aanda memasak. Tanpa bumbu dapur masakan yang anda masak memungkinkan tidak akan nikmat dan enak. Beberapa macam bumbu dapur seperti  bawang putih, bawang merah, serai, daun salam, daun bawang dan bumbu dapur yang lainnya. Dikarenakan bumbu dapur tergolong tanaman yang kecil anda bisa memanfaatkan lahan sekitar rumah anda untuk menanamnya.

4. Apotik hidup
Yang dimaksud dengan apotik hidup yaitu obat herbal alami . ada beberapa bahan baku untuk dijadikan obat tradisional herbal alami, seperti temulawak, jahe, kunyit, lengkuas, dan masih banyak lagi. Semua tanaman tadi banyak dijual dan laku dipasaran., sehingga anda jangan ragu apabila anda ingin mencoba menanam tanaman obat.

5. Sayur sayuran
Sayur termasuk salah satu pelengkap makanan bergizi sempurna. Banyak sekali jenis sayur dan mudah ditanam disekitar rumah ataupun lahan anda. misalnya kangkung, sawi, bayam, dll. Anda bisa memanfaatkan hasil sayur tersebut untuk anda jual. Banyak orang orang atau agen yang membeli sayur dalam jumlah banyak atau sedikit. Anda juga bisa menjual hasil sayur tadi ke ibu ibu sekitar lingkungan anda.

Related posts

Leave a Comment