Tips Sukses Berjualan Di Marketplace online

Tips Sukses Berjualan Di Marketplace online

Berikut ini ada beberapa tips sukses agar anda bisa sukses dan berhasil dalam mengembangkan bisnis lewat marketplace :

1. Tampilan produk yang menarik
Jika anda ingin menggeluti bisnis marketplace pertama anda harus memperhatikan tampilan produk yang berupa foto. Dari foto tersebutlah produk tadi bisa menjadi penarik dan nyawa dari penjual online. Agar semakin menyakinkan pembeli sebaiknya afoot tersebuk berasal dari hasil jepretan sendiri. Sebaiknya anda benar benar mengambil foto dengan tepat dari sudut pandang yang benar dan pencahayaan baik. Biasanya satu produk bisa sampai 5 foto untuk ditampilkan dan usahakan foto tersebut terlihat spesifik apabila dilihat orang semakin yakin dan tertarik.

2. Berilah nama pada produk dengan tepat
Agar pembeli bisa mencari produk anda dengan tepat  maka anda bisa membuat nama produk yang anda jual dengan nama produk yang sesuai mekanisme SEO. Buatlah nama produk anda yang tidak terlalu general dan juka tidak terlalu spesifik. Contoh sederhana misalnya katun merah, kemeja kota. Usahakan tidak memasukan kode angka pada produk anda.

3. Buatlah deskripsi yang jelas
Banyak sekali produk yang sama dan harga yang berfariasi dengan tingkat persaingan yang tinggi di marketplace. Jika anda menggunakan deskripsi yang baik maka bisa menjadi pembeda yang sangat efektif dan bisa mencega misskomunikasi dengan konsumen. Anda cukupmenggunakan deskripsi dua paragraf pendek dengan memuat pemakaian produk dan spesifikasi produk.

4. Asuransi dan retur
Asuransi dan retur sangat penting bagi penjual online, tetapi dilihat dulu jenis barang yang akan anda kirim. Apabila produk yang anda jual sangat rentan ada baiknya jika anda memberikan asuransi pengiriman dan berkonsultasilah dengan pihak pengiriman atau ekspedisi.  Anda juga harus menjelaskan kepada pihak konsumen tentang toko anda apakah anda menyediakan fasilitas retur atau tidak. Karena hal tersebut sangat baik untuk usaha anda kedepan supaya tidak dikomplain konsumen.

5. Harga yang bersahabat
Terkadang pembeli sering mencari prodak dengan harga termahal dan termurah. Untuk hal itu anda bisa menggunakan dan menentukan harga sendiri atau juga bisa mengikuti harga pasaran agar anda bisa mendapatkan pelanggan.

6. Perbanyak produk yang dipasarkan
Supaya anda bisa banyak mencakup banyak konsumen maka perbanyaklah produk yang akan anda jual. Dan disamping itu tampilan toko anda akan lebih menarik dengan bervarisai macam barang  dengan banyak pilihan. Contoh sederhana saja jika anda berjualan kaos maka carilah model yang selalu trend dan perbanyaklah pilihan warna.

7. Manfaatkan brand dan musim
Agar toko anda sering dilihat orang maka sesuaikanlah produk anda dengan daftar hotlist. Pasanglah produk produk unggulan yang sangat ramai pada musim tersebut dimana produk tadi sangat banyak dicari orang. Manfaatkanlah musim musim tersebut dengan baik supaya anda banyak mendapatkan konsumen.

8. Komitmen
Ketika anda melakukan penjualan dengan konsumen anda harus punya komitmen yang tinggi agar timbul rasa percaya dengan konsumen karena hal tersebut sangat penting dalam bisnis online. Berilah pelayanan yang baik kepada konsumen dengan produk yang bagus dan kemasan yang rapi supaya konsumen tadi menyukai penjualan anda dan kembali membeli produk yang anda jual.

9. Beri sentuhan yang baik
Ketika produk anda laku terjual jangan lupa untuk memberi kertas ucapan terimakasih kepada konsumen anda agar konsumen anda tersentuh dan bisa menambah kepercayaan kepada para pelanggan.

Related posts

Leave a Comment