Tips Membangun Kepercayaan (Trust) Dalam Bisnis

Membangun kepercayaan dalam sebuah bisnis adalah hal yang sangat penting, bahkan hal yang paling utama. Panutan kita Muhammad SAW sebagai seorang pebisnis sebelum masa kenabiannya, telah memberikan contoh bagaimana membangun kepercayaan (trust) dikalangan mitra bisnisnya.

Bagi pebisnis mendapat kepercayaan baik itu dari Investor, Suplier, maupun Customer adalah sesuatu yang sangat penting, tidak terkecuali baik pebisnis besar maupun kecil

Membangun kepercayaan (trust) memerlukan proses yang cukup panjang, bisa bertahun-tahun, tetapi untuk meruntuhkannya cukup sesaat saja, untuk itu perlu menjaga dan merawatnya serta selalu meningkatkan kepercayaan dengan terus mengenali, memahami dan melakukan hal hal yang menumbuhkan kepercayaan itu sendiri.

Kepercayaan itu laksana cermin, sekali pecah maka kita tidak akan pernah melihatnya serupa lagi. Rasulullah SAW memberi penghargaan yang sangat tinggi terhadap pebisnis yang jujur dan terpercaya, sebagaimana dalam sebuah hadits beliau bersabda : Sesungguhnya Allah SWT berfirman, ” Aku adalah pihak ketiga ( yang akan melindungi ) dua pihak yang melakukan kerjasama bisnis, selama salah seorang diantara mereka tidak mengkhianati mitranya, apabila salah sorang diantara mereka telah berkhianat, maka Aku akan keluar dari keduanya (tidak melindungi lagi).” ( HR Abu Dawud).

Berikut ini beberapa tips dalam upaya membangun atau meningkatkan kepercayaan (trust) :

1. Integritas

Salah satu unsur utama dalam integritas adalah kejujuran, sekali saja kita berbohong, maka akan diikuti oleh kebohongan-kebohongan yang lain untuk menutupinya, Kejujuran bagi seorang pebisnis haruslah menjadi prinsip hidup.

2. Intensitas

Intensitas sangat berpengaruh dalam meningkatkan Kepercayaan, Mitra atau relasi bisnis akan melihat keseriusan dalam menjalankan sebuah bisnis, sekuat apa semangat dan passion berbisnis kita dan sejauh mana ke istiqomahan kita dalam menjalankan bisnis.

3.Kapabilitas

Kapabilitas atau kemampuan, sangat penting buat seorang pengusaha didalam menjalankan bisnisnya, untuk itu skill, ilmu atau kompetensinya bisa diandalkan.

4. Result.

Bisnis yang dijalankan tentunya adalah bisnis yang mampu mendatangkan profit dan benefit, sehingga kepercayaan pun akan semakin meningkat.

Related posts

Leave a Comment