Temukan Hobi Yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis

Banyak pelatih bisnis yang menganjurkan kita untuk memulai bisnis dari apa yang kita sukai terlebih dahulu. Hal yang kita sukai atau yang menjadi hobi sejak dahulu terkadang bisa menghasilkan keuntungan. Menjalankan bisnis dengan hobi anda akan membuatnya terasa menyenangkan. Hampir semua hobi bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Namun kejelian anda dalam melihat peluang bisnis menjadi faktor utama yang harus dimiliki. Bahkan beberapa hobi hanya akan menghabiskan uang anda saja, sedangkan sisanya bisa memberikan keuntungan lebih bagi anda.

Mungkin anda memiliki beberapa hobi yang berbeda. Sebelum memulai bisnis dari hobi, temukanlah satu yang paling berpotensi untuk mendapatkan untung. Berikut ini berbagai ciri hobi yang bisa menjadi inspirasi bisnis.

Dapat dijual (marketable)

Hobi yang bisa dijual adalah sesuatu yang anda kerjakan dan menghasilkan barang atau benda lain yang memiliki nilai jual. Misalkan anda hobi membuat kerajinan dari tangan, bisa saja kerajinan tersebut diperjualbelikan dan anda mendapatkan untung. Atau bisa juga anda yang hobi bermain teater bersama kelompok anda, bermainlah di panggung profesional dan anda bisa mendapatkan bayaran atas hobi anda.

Menarik jika ditekuni jangka panjang

Hobi yang bisa bertahan dalam waktu lama sangat memungkinkan untuk dijadikan ide bisnis. Terlebih hobi tersebut menghasilkan sesuatu yang unik dan memiliki prospek cerah di masa depan. Misalnya anda hobi membuat robot, bermain robotikan dan segala hal yang berhubungan dengan teknologi.

Jangka panjang hobi ini akan terus dibutuhkan bahkan anda bisa menjadi ahli di bidang robotika karena hobi anda. Selanjutnya anda tinggal mengkomersilkan keahlian anda melalui pembuatan produk atau memberikan pembelajaran melalui kursus kepada orang lain.

Bukan merupakan trend sesaat saja

Jika hobi yang sedang anda tekuni saat ini hanya akan bertahan beberapa bulan saja, maka kecil kemungkinan bisa menjadi isnpirasi bisnis. Hobi yang hanya datang saat musiman saja tidak menjamin bisa memberikan keuntungan lebih. Misalnya anda hobi bermain ice sketing, hanya ketika musim dingin tiba. Setelahnya tidak ada lagi yang suka bermain ice sketing.

Membutuhkan keahlian khusus

Hobi yang membutuhkan keahlian khusus seringkali tidak banyak orang yang menekuninya. Alhasil bisa memberikan nilai jual yang tinggi atas apa yang anda hasilkan. Misalnya anda hobi melukis, atau yang berhubungan dengan seni. Tidak semua orang bisa melakukan hobi seperti anda. Hobi ini menjadi nilai lebih yang bisa anda komersilkan menjadi ladang bisnis yang subur.

Perlu anda ketahui bahwa menjalankan bisnis dengan hobi tidak selamanya akan berjalan mulus. Meskipun anda bisa menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas terbatik, namun tetap harus memikirkan faktor manajemen, penjualan dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis anda. Semangat, semoga sukses.

Related posts

Leave a Comment