Sumber Inspirasi Bisnis Yang Layak Anda Gali untuk Membangun Usaha Sendiri

Meningkatnya kebutuhan yang harus dipenuhi merupakan alasan terbanyak kenapa orang-orang ingin memiliki bisnis sampingan. Apakah Anda mengalami hal yang sama? Kebutuhan yang banyak, sementara finansial tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tersebut?

Solusinya adalah membangun usaha sampingan guna memperoleh penghasilan tambahan.

Masalah yang muncul kemudian adalah Anda tidak punya ide mau menjalankan bisnis apa. Ide adalah awal mula untuk memulai suatu bisnis. Ketika tak ada ide, tentu bisnis tidak akan berjalan. Oleh karena itu, salah satu modal awal yang perlu Anda miliki adalah menemukan ide bisnis apa yang hendak Anda praktikkan.

Berikut ini adalah 5 ragam jalur bisnis yang bisa Anda jadikan sumber inspirasi bisnis sampingan. Dari kelima ragam ini pilihlah salah satu jalur yang sesuai dengan diri Anda dan memiliki pasar atau konsumen. Seberapa hebat ide bisnis kita tanpa adanya pasar, tentu bisnis tidak akan berkembang.

Jadi, ada dua pertimbangan :

Pertama, apa ide bisnis Anda?
Kedua, apakah ada orang yang berminat membelinya?

1. Inspirasi Bisnis Dari Hobi

Inspirasi bisnis sampingan bisa kita dapatkan dari hobi yang kita miliki. Menurut saya pribadi, ini adalah jalur bisnis yang sangat potensial untuk sukses terhadap pendirinya di masa depan.

Kenapa?

Karena, bila Anda memilih jalur bisnis karena hobi ada beberapa keuntungan hebat yang akan dirasakan, seperti :

Perasaan selalu bersemangat dalam bekerja karena itu adalah hobi Anda.
Proses selama bisnis tidak akan merasa berat.
dan tak jarang Anda akan merasa tidak sedang bekerja karena itu adalah hobi Anda. Hobi yang menghasilkan uang.
Bagaimana caranya?

Pertama, temukan hobi Anda yang berpotensial memiliki pasar.
Kedua, asah kembali hobi Anda tersebut agar bisa menjadi sebuah bisnis yang proffesional.

Pabrik mobil Ferrari dimulai oleh Enzo Ferrari karena ia menyukai dunia otomotif. Enzo Ferrari sebelumnya adalah seorang pembalap profesional, namun, prestasinya di dunia balapan tidak begitu gemilang. Namun mobil Ferarri menjadi salah satu brand mobil mewah yang menjadi idaman para pecinta otomotif. Ini adalah salah satu contoh nyata bahwa hobi bisa menjadi sumber inspirasi bisnis yang menguntungkan.

Wahyu Aditya penulis buku “Sila Ke-6 Kreatif Sampai Mati” mendirikan Hellomotion Academy karena ia menemukan bahwa passionnya ada di dunia desain dan animasi. Ini contoh lain yang bisa dijadikan bukti bahwa hobi adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

2. Inspirasi Bisnis Dari Keahlian

Inspirasi usaha berikutnya bisa didapatkan dari keahlian kita sendiri, atau keahlian orang-orang di sekitar kita. Bagi Anda yang memiliki keahlian tertentu yang bisa dijual, ada baiknya mulai dari sekarang merencanakan untuk membangun bisnis sampingan dari keahlian tersebut.

Beberapa keahlian yang dapat Anda bisniskan, misalnya keahlian dalam hal jurnalis, desain, farmasi, masak, dan lain sebagainya. Tidak perlu muluk-muluk untuk membuat bisnis yang langsung besar, karena bisnis kecil-kecilan juga sebenarnya cukup menguntungkan.

Misalnya, Coca-Cola Company, minuman bersoda yang diminum hampir 1 miliar botol per harinya di seluruh dunia didirikan oleh John Styth Pemberton berawal dari keahliannya dalam bidang farmasi. Minuman Coca-Cola merupakan campuran dari sirup karamel yang berawal dari bisnis kecil-kecilan, tapi sekarang menjadi brand minuman yang sangat terkenal sejagat dunia.

3. Inspirasi Bisnis Dari Adanya Peluang

Dalam hal ini diminta kepandaian Anda dalam menganalisis pasar, apa yang dibutuhkan oleh pasar. Menciptakan bisnis berdasarkan peluang terbukti berhasil, karena sudah ada pasarnya. Kita tinggal menawarkan jasa atau produk yang dibutuhkan oleh pasar.

Misalnya, dalam dunia bisnis online pada saat ini banyak bermunculan blog berisi konten-konten yang sering dicari oleh pengguna internet. Keterbatasan dari pemilik blog untuk mengisi blog yang mereka bangun membuka peluang bagi para penulis untuk turut serta dalam mengisi blog tersebut, sehingga, pemilik blog bersedia membayar penulis tersebut untuk setiap artikel yang ditulis.

Contoh lain, sekarang ini ada banyak bisnis yang ingin mempromosikan bisnis offline mereka melalui media internet dan ingin membuat website/ blog untuk bisnis mereka. Banyak sekali pemilik bisnis tidak memiliki keahlian dalam hal membuat website, dan mereka lebih memilih untuk menyewa jasa orang lain untuk membuatkan websitenya.

Ini adalah peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan. Bagi Anda yang memiliki skill yang memadai dalam membuat blog/ website, tentu tidak akan melewatkan peluang ini.

Masih banyak contoh bisnis yang muncul karena adanya peluang di sekitar kita. Kita perlu jeli memperhatikan peluang dan kesempatan tersebut dan berusaha menjadi orang yang pertama memberikan layanan terbaik.

4. Inspirasi Bisnis Karena Adanya Permintaan

Pernahkan Anda melihat disaat menjelang hari raya Idul Fitri mulai banyak bermunculan orang-orang yang menjual pakaian di tepi-tepi jalan? Secara tak langsung mereka telah mempraktikkan jalur bisnis karena adanya permintaan.

Jalur bisnis ini adalah membangun bisnis karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Misalnya, kebutuhan sehari-hari adalah permintaan yang tidak akan ada habisnya, membuka warung adalah jawabannya. Kemudian, permintaan terhadap sapi Aqiqah akhir-akhir ini meningkat, menjual kambing adalah bisnisnya.

Mungkin Anda ingin memulai bisnis sampingan yang minim modal, kesempatan ini banyak kita temukan di internet. Misalnya, sekarang ini ada banyak permintaan jasa penulis artikel di internet, maka menjual jasa penulis artikel adalah ide bisnis sampingan yang bisa Anda manfaatkan.

5. Bisnis Dengan Menciptakan Kebutuhan

Ini adalah jalur bisnis dimana Anda akan menjadi pionir atau penggagas terhadap ide suatu bisnis. Hal ini dikarenakan bisnis yang Anda bangun baru pertama kali dan belum ada pemain lain. Keuntungannya, ketika pasar merespon dengan baik bisnis Anda akan mendapatkan kepercayaan dan nama, sehingga, pelanggan akan semakin banyak.

Misalnya, bisnis kuliner Kebab Baba Rafi yang didirikan oleh Hendy Setiono. Hendy mendirikan Kebab Baba Rafi dengan meracik Kebab yang makanan asal Turki ini sesuai dengan lidah orang Indonesia. Alhasil, orang Indonesia menyukai kebab tersebut. Akhirnya, kebutuhan masyarakat terhadap kebab malah meningkat dan saat ini telah banyak hadir pemain baru di bisnis kebab. Hingga saat ini, Kebab Baba Rafi sudah memiliki cabang di beberapa negara lain tak perduli berapa banyak pesaingnya.

Related posts

Leave a Comment