Sukses Dengan Waralaba Makanan

Waralaba makanan adalah bisnis waralaba yang paling besar perkembangannya di Indonesia. Makanan merupakan kebutuhan manusia paling pokok sehingga keberadaannya akan selalu dicari. Selain itu masyarakat Indonesia menyukai mencicipi makanan-makanan yang unik sehingga bisnis makanan bisa menjadi peluang bisnis yang sangat baik. Bisnis waralaba makanan di Indonesia mencapai 70% dari total jumlah waralaba di Indonesia. Untuk membuka bisnis waralaba makanan tidak hanya dibutuhkan makanan yang enak dengan harga yang murah. Ada hal-hal penting yang harus franchisee perhatikan agar makananannya laris dibeli orang.

Tips agar waralaba makanan laku

Lokasinya yang strategis dan makanan yang enak dengan harga yang murah tentu berpotensi untuk menarik minat konsumen membeli makanan yang kita jual. Tetapi jangan lupa bahwa konsumen bisa sangat sensitif sehingga apabila konsumen mendapat kesan buruk dari usaha Anda, bisa dipastikan konsumen Anda akan berkurang. Bagaimana pun juga apa promosi yang lebih baik dari promosi mulut ke mulut? Berikut adalah tips agar makanan Anda laris:

  1. Konsumen adalah raja. Berikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, ramah dan senyum adalah modal utama bagi pedagang agar konsumen merasa nyaman membeli produk Anda
  2. Jaga kebersihan. Penting sekali untuk menjaga kerapian dan kebersihan makanan, staf, dan tempat jualan Anda. Konsumen tentu tidak mau makan dengan lingkungan yang kotor karena akan merasa jijik dan tidak higienis
  3. Menjaga kualitas. Pada bisnis waralaba makanan sistemnya adalah produk makanan disediakan stoknya oleh pemilik waralaba agar kualitasnya terjaga dan seragam. Namun untuk menjaga kualitas makanan tersebut tetap terjaga selama berada di gerai Anda adalah tanggung jawab Anda sebagai franchisee
  4. Promosikan makanan Anda dengan menarik. Mungkin Anda dapat berkonsultasi kepada pemilik waralaba untuk strategi pemasaran dan periklanan agar Anda mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya di gerai Anda.

Kelebihan dan strategi waralaba makanan

Kelebihan dari waralaba makanan adalah peluang sukses yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan waralaba lainnya. Gerai makanan yang berbentuk gerobak cenderung membutuhkan modal yang kecil tapi untungnya besar, selain itu gerai gerobak makanan lebih mudah operasionalnya. Selain itu kelengkapan seperti banner, seragam, logo, dan lain-lain yang menunjukkan identitas merk waralaba disediakan oleh pemilik waralaba makanan.

Makanan yang dijual harus memiliki nilai lebih dibandingkan gerai makanan lainnya agar bisa bersaing dan menarik minat konsumen lebih banyak. Penamaan makanan yang unik disertai dengan tampilan makanan yang menarik akan menimbulkan rasa penasaran bagi konsumen baru. Semakin kreatif pengemasan makanan yang dijual, potensi ketertarikan calon konsumen akan semakin besar. Kunci utama dari suksesnya waralaba makanan adalah lokasinya yang strategis sehingga jangkauan konsumen lebih luas. Tentukan lokasi gerai atau restoran Anda di tempat yang ramai banyak dilalui orang dan mudah dijangkau serta lingkungan yang aman.

Related posts

Leave a Comment