Sedang Menjalankan Bisnis Online? Waspadai Beberapa Penyakit “Kambuhan” Berikut Ini

Menjalankan bisnis online saat ini memang sedang menjadi trend dan bahkan menjadi gaya hidup setiap orang. Dengan perkembangan teknologi #internet yang semakin pesat memang membuat bisnis online tumbuh di mana-mana dengan berbagai model bisnis yang beraneka ragam. Untuk menjalankan bisnis online terlihat seperti sangat mudah, tinggal duduk di depan laptop, atau hanya menggunakan smartphone saja sudah bisa menghasilkan uang.
Namun sebenarnya persepsi seperti itu adalah salah besar, bisnis onine itu tidak semudah yang di lihat orang. Perlu Anda ketahui juga bahwa dalam menjalankan #bisnis online, juga ada beraneka ragam masalah yang sering menjadi penyakit kambuhan bagi para pelaku bisnis online.

Mungkin bagi sebagian orang atau Anda sendiri sudah paham penyakit bisnis online ini, namun sadar tidak, bahwa penyakit ini sebenarnya rentan sekali untuk kambuh. Baik bagi yang sudah expert dalam bisnis online apalagi yang masih pemula. Apa saja penyakit kambuhan tersebut? Simak di bawah ini.

1. Pandangan Bahwa Menjalankan Bisnis Online Itu Mudah

Apapun bisnis yang Anda kerjakan, jangan sampai Anda merasa bahwa itu mudah. Sekali saja Anda merasa bisnis yang Anda kelola adalah mudah, maka saat itu pula Anda mengalami kemunduran dalam berbisnis. Bukan saja kemunduran, pandangan itu jika tidak segera Anda hilangkan, maka akan menimbulkan potensi kehancuran pada bisnis Anda.

Anda akan dibuat terbuai dengan pandangan Anda sendiri sehingga Anda tidak lagi waspada dan peka terhadap berbagai #peluang bisnis yang ada. Apalagi dalam bisnis online, dalam bisnis ini perkembangan dan perubahan sangat cepat sekali.

2. Keyakinan Anda Bahwa Bisnis Online Bisa Tumbuh Sendiri

Bisnis online bisa jadi bisa berjalan sendiri sekali waktu, namun bagaimanapun juga bisnis tidak bisa Anda biarkan begitu saja tanpa diurus. Keyakinan Anda bahwa bisnis online bisa tumbuh sendiri sangat berbahaya, dan akan membawa Anda pada jurang kehancuran.

Anda mungkin sudah paham dengan hal ini, namun perlu saya tegaskan lagi bahwa pemikiran seperti ini bisa timbul lagi kapan saja. Biasanya ketika bisnis mengalami kemajuan dan perkembangan yang menanjak, maka Anda perlu waspada dengan hal ini.

3. Promosi Berlebihan Di Media Sosial

Media sosial saat ini seperti tempat orang nongkrong yang selalu saja ramai. Hal itu membuat mudah dalam melakukan promosi bisnis online Anda, namun Anda perlu berhati-hati menggunakan #media sosial ini. Jika Anda berlebihan dalam berpromosi di media sosal, bukan menjadikan bisnis Anda semakin dikenal, namun sebaliknya justru akan membuat orang muak.

Nah, berpromosi secara berlebihan di media sosial ini kadang juga menjadi penyakit yang susah dihilangkan. Yang perlu Anda mengerti adalah bahwa #promosi di media sosial sangat bagus dilakukan, namun dengan catatan jangan berlebihan tetap dengan dosis yang manusiawi.

4. Bisnis Online Itu Hanya Tentang Bagaimana Anda Mengawali Saja

Bisnis online itu hanya perlu dilakukan sekali saja, yaitu ketika memulai bisnis dan ke depan akan jalan dengan sendirinya. Pikiran seperti itu salah besar, memang memulai bisnis online adalah sesuatu hal yang sangat penting. Namun lebih penting lagi ke depan adalah bagaimana cara Anda mengelola dan mengembangkan bisnis online agar tidak mandeg.

Nah, masalah akan timbul ketika Anda berpikir bahwa bisnis online hanya perlu menata pada awal saja, maka itu adalah sebuah awal yang sangat buruk. Namun demikian tidak sedikit juga yang mempunyai pikiran seperti itu, mereka cenderung bekerja keras di awal saja, namun akan berhenti di tengah-tengah. Jika hal ini terus Anda jadikan pedoman, maka bisnis online Anda tidak pernah berkembang sampai kapanpun.

Di atas adalah sebagian penyakit pada orang yang mengelola bisnis online, dan itu adalah penyakit kambuhan. Maka dari itu, jika Anda termasuk orang yang sedang menjalankan bisnis online, maka sebaiknya Anda perlu waspada terhadap penyakit-penyakit di atas. Tidak saja akan menyerang seorang pemula, namun penyakit di atas sering juga menyerang yang sudah berpengalaman.

Related posts

Leave a Comment