Menulis Business Plan untuk Penghitungan Modal Usaha

Sebuah usaha yang baik tentunya dimulai dengan membuat bisnis plan. Apalagi untuk mempersiapkan modal dan keuangan yang lebih mapan, Anda perlu menyusun bisnis plan Anda sekarang juga. Business plan sangat penting bagi Anda yang akan memulai sebuah usaha yang besar untuk mencari modal. Akan tetapi meskipun Anda hanya akan membuat sebuah usaha yang kecil-kecilan business plan akan membantu Anda mempersiapkan bisnis dan keuangan Anda secara lebih profesional. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat sebuah bisnis plan untuk usaha yang kecil.

Apa itu business plan?

Business plan adalah sebuah dokumen menyangkut batasan-batasan dari bisnis Anda. Bagaimana usaha Anda akan berjalan, tujuan-tujuan dan juga bagaimana Anda akan mencapai goal Anda. Business plan sangat cocok bagi Anda yang mengalami kekurangan modal. Tapi juga merupakan salah satu cara paling tepat untuk mempersiapkan jumlah modal yang akan Anda gunakan. Ketika menyusun business plan Anda bisa menyusunnya sendiri tapi alangkah baiknya Anda meminta bantuan dari pihak lain. Pilihlah orang yang telah profesional di bidangnya untuk memandu Anda memahami fungsi dari business plan. Keterlibatan orang lain juga sangat penting untuk membantu Anda tetap obyektif terhadap business plan Anda.

Menyiapkan penulisan business plan

Ketika mempersiapkan sebuah business plan yang paling penting adalah mempersiapkan jenis bisnis yang Anda geluti. Jenis bisnis akan menentukan jumlah uang yang Anda butuhkan untuk memulai suatu usaha, setelah itu Anda juga harus pikirkan jenis market yang akan Anda gunakan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada bagian keuangan di business plan Anda.

Menulis business plan

Yang paling penting dalam business plan antara lain menentukan sumber keuangan dan juga stategi marketing. Ketika Anda akan memulai sebuah bisnis tentukan terlebih dahulu jumah uang yang Anda butuhkan untuk memulai dan merawat bisnis Anda. Berikan rincian keuangan yang akan Anda gunakan. Business plan memang penting bagi Anda yang akan menggunakan modal berupa modal pinjaman dari orang lain. Jika Anda membutuhkan suntikan dana untuk orang lain dari institusi terkait Anda akan sangat membutuhkan business plan. Rincian keuangan yang Anda buat akan dipergunakan untuk melihat penggunaan biaya yang Anda ingin pinjam pada pihak tertentu dengan melihat penggunaan biaya Anda, pihak peminjam akan menentukan akan memberikan suntikan dana atau tidak. Jika lebih profesional lagi lihatkan pihak-pihak yang berwenang seperti pengacara, akuntan atau pihak lainnya.

Untuk membuat sebuah usaha yang lebih profesional. Langkah pertama adalah mempersiapkan pendanaan yang profesional. Caranya seperti yang ada di atas, menghitung kebutuhan dengan cermat lalu menentukan sumber daya keuangan. Hal ini bisa Anda tentukan ketika membuat sebuah business plan. Hal ini menyebabkan mengapa business plan sangat penting bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Related posts

Leave a Comment