Keuntungan Bisnis Kuliner

Bisnis apa yang tidak pernah mati dan bahkan semakin berkembang ? Bisnis makanan dan minumanlah jawabannya. Ya, bisnis yang sering disebut bisnis kuliner ini akan terus ada sepanjang manusia membutuhkan makanan dan minuman. Bisnis kuliner ini pun banyak digeluti mulai dari kalangan atas hingga masyarakat menengah kebawah. Karena memang pangsa pasar bisnis ini sangatlah luas. Belum lagi dengan kemudahan menjalankannya, hanya tinggal mencocokkan selera konsumen atau menyesuaikan dengan target konsumen yang dituju. Bahkan banyak pengusaha amatir yang merintis jalan usahanya dari bidang kuliner ini. Hal itu membuktikan bahwa usaha kuliner memang menjadi favorit hampir sebagian besar masyarakat.

Keuntungan berbisnis kuliner

Dibandingkan bisnis lainnya, bisnis kuliner ini memang banyak sekali peminatnya. Terbukti dengan banyaknya restoran, kafe, hingga pedagang kaki lima yang ada di pinggir atau sudut kota. Hal tersebut dikarenakan adanya banyak keuntungan memilih membuka usaha makanan dan minuman daripada yang lain. Apa saja keuntungan tersebut ?

  • Pangsa pasar yang luas. Siapa konsumen dari bisnis kuliner ? Tentu saja semua manusia yang membutuhkan makanan dan minuman. Karenanya pangsa pasar usaha ini sangat luas dan akan terus berkembang mengingat pertumbuhan penduduk yang juga semakin tinggi.
  • Mudah memulai bisnis kuliner. Bahkan dengan modal yang kecil sudah bisa membuka usaha makanan kecil-kecilan. Atau yang sekarang masih trend dengan mengikuti bisnis waralaba makanan yang praktis dan simple.
  • Perputaran modal yang cepat. Bisnis kuliner ini merupakan bisnis harian yang keuntungannya dapat dilihat hari itu juga. Sehingga dapat dilihat untung atau rugi yang didapat dan bisa segera diputar kembali menjadi modal keesokan harinya.
  • Kesempatan berinovasi. Bisnis kuliner begitu berkembang sehingga saingan pun akan semakin bertambah. Namun jangan khawatir, inovasi dapat dilakukan pada bisnis ini jika kreativitas penjualnya tinggi. Ciptakan resep makanan dan minuman yang baru sehingga berbeda dari penjual lainnya.
  • Target konsumen bervariasi. Jenis kuliner yang begitu banyak sehingga target konsumen juga bervariasi. Tinggal pilih jenis kuliner apa yang ingin dijual atau yang sekiranya bisa memberikan keuntungan besar.

Tips membuka usaha kuliner

Berikut adalah tips bagi siapapun yang ingin membuka usaha kuliner :

  • Siapkan modal, tentu dalam membuka usaha harus ada modal untuk membeli bahan, menyewa tempat, promosi dan sebagainya.
  • Tentukan jenis kuliner. Sangat penting untuk menentukan apa yang akan dijual agar dapat mengambil langkah berikutnya dalam mencari bahan maupun mempromosikannya.
  • Tentukan target pasar, dengan adanya acuan target pasar maka akan mempermudah menyusun strategi penjualan yang tepat.
  • Cari supplier berkulitas dan murah, agar kuliner yang dijual juga bermutu tinggi namun tetap berharga murah.
  • Promosi, lakukan promosi yang tepat. Menyebarkan melalui media sosial, ikut dalam bazaar makanan atau memberikan sample gratis secara random.
  • Sabar dan tekun, kunci dari semua usaha agar tetap berjalan dan bisa meraih sukses. Terutama di awal usaha dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk menghadapi ritangan yang muncul kapan saja.

Related posts

Leave a Comment