Ingin Sukses Jalankan Bisnis Online? Miliki 3 Sifat Ini

Menjalankan #bisnis online saat ini merupakan pilihan banyak orang mulai dari yang sudah berpengalaman maupun yang baru memulainya alias masih pemula. Seiring perkembangan teknologi, berbisnis online sudah menjadi hal yang sangat lumrah di mata masyarakat. Hal ini yang menjadikan bisnis online sebagai salah satu peluang bisnis yang cukup diperhitungkan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis apapun, baik online maupun offline, pastinya pelaku dituntut untuk memiliki sifat-sifat tertentu yang membawa mereka ke jalur kesuksesan. Lalu apa saja sifat-sifat yang wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin memulai bisnis online? Berikut telah kami rangkum 3 sifat yang harus dimiliki pebisnis online untuk mendukung kesuksesannnya.

1. Sifat Tekun
Berbisnis dengan model apapun, nyatnya sifat yang satu ini wajib dimiliki. Bukan hanya saja sebagai pebisnis online, menjadi pekerja seperti buruh, karyawan, atau profesional lainnya pastilah dituntut untuk memiliki sifat tekun.

Namun di dalam berbisnis online, sifat yang satu ini sangat penting karena dalam di butuhkan ketekunan yang lebih. Dalam menjalankan bisnis online tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan perencanaan yang matang, teknik marketing yang baik, penggunaan teknologi dan internet yang memadai, ketekunan dalam belajar serta kemampuan beradaptasi untuk menyesuaikan tempo persaingan bisnis yang cepat. Hal ini lah yang membuat Anda harus memiliki sifat tekun dalam menjalankan bisnis online.

Berbeda dengan bisnis offline, Anda punya barang dagangan ada lapak bisa langsung jualan. Tapi di dalam berbisnis online sedikit berbeda. Sebelum Anda berjualan, Anda harus mempersiapkan hal-hal yang menunjang penjualan. Contohnya membuat desain atau kemasan produk yang menjual, membuat logo yang relevan dengan merek dan produk Anda, mempersiapkan alat-alat pemasaran seperti media sosial facebook, twitter atau instagram, belajar membuat website atau #toko online dan semua ini di butuhkan ketekunan.

Jika Anda tidak memiliki sifat tekun, maka Anda akan cepat putus asa dan merasa bosan karena bisnis yang Anda kelola terasa jalan di tempat. Tidak sedikit pelaku bisnis online yang berhenti berbisnis online karena tidak memiliki sifat tekun. Entah karena penjualannya yang sepi atau produknya tidak laku, tapi jika mereka memiliki sifat tekun untuk belajar lebih, berani mencoba, pastilah kesuksesan akan lebih dekat, bukan.

2. Sifat Mudah Bergaul
Kata gaul erat kaitannya dengan anak muda atau remaja hal itu benar adanya. Tetapi “gaul” di sini memiliki arti lebih, yaitu memiliki wawasan yang luas sehingga dapat mengetahui segala informasi dan perkembangan #teknologi. Contohnya memiliki pengetahuan tentang trend yang berkembang saat ini, jika anda salah satu orang yang memiliki sifat ini, selamat anda dapat menjalankan bisnis online sekarang juga.

Kembali ke topik “gaul” ini, mengapa sangat diperlukan sifat yang kedua ini? Pahamilah jika Anda memutuskan untuk berjualan secara online maka Anda dituntut untuk dapat mengetahui segala kebutuhan konsumen Anda, mengetahui permasalahan yang terjadi dilingkungan penjualan Anda, serta tanggap dalam menanggapi setiap pertanyaan-pertanyaan dari calon konsumen Anda.

Bahkan terkadang pertanyaannya ini tidaklah selalu seputar produk yang Anda jual, bisa saja seputar hobi mereka atau trend saat ini yang sedang mereka cari. Maka sebagai penjual Anda harus menjawab semua pertanyaan-pertanyaan mereka agar Anda dapat membangun chemistry dengan mereka.

Memiliki sifat gaul membuat Anda mudah untuk berinteraksi dengan konsumen Anda, mudah masuk ke dalam komunitas tertentu yang akan menguntungkan Anda dalam kegiatan jual beli. Contohnya jika Anda menjual sparepart motor maka masuklah kedalam komunitas pecinta sepeda motor dan cobalah membangun komunikasi dengan mereka, hal ini tentu sangat mudah jika anda terbilang seseorang yang gaul tentunya.

3. Sifat Kreatif
Berbicara tentang kreatifitas, bukan hanya sekedar di dalam seni. Di dalam menjalankan kegiatan jual beli sifat ini sangat wajib dimiliki, terlebih bagi Anda pelaku jual beli online. Sifat kreatif sangat penting dimiliki untuk menunjang hasil penjualan Anda agar lebih maksimal.

Di dalam berbisnis online Anda di tuntut untuk berfikir secara kreatif sehingga mampu melahirkan inovasi-inovasi, baik dalam produk maupun layanan. Dengan memiliki sifat kreatif, memungkinkan Anda untuk mendapatkan ide-ide yang fresh bahkan ide-ide gila yang sangat berbeda dengan orang lain. Hal ini sangat dibutuhkan agar perusahaan atau bisnis Anda dapat bersaing dengan bisnis yang lain.

Begitu pentingnya kreatifitas dalam menelurkan ide-ide bisnis yang gila sehingga tidak sedikit perusahaan yang rela mendatangkan trainer untuk mengasah kretifitas karyawannya. Tidak sedikit pula pebisnis online yang rela membayar biaya pelatihan yang terbilang mahal hanya unuk mendapatkan ilmu agar mereka semakin kreatif. Itu menunjukkan betapa pentingnya sifat ini untuk Anda pelaku bisnis apapun terutama bagi pebisnis online.

Perkembangan yang semakin pesat dan persaingan yang semakin ketat menuntut Anda untuk unggul dari segi kreatifitas, apapun produk yang Anda jual dan apapun pelayanan yang anda berikan. Jika di pikirkan dengan penuh kreatifitas pastilah akan menghasilkan produk original yang akan membuat orang rela membayar mahal untuk sebuah produk yang mungkin sama sekali tidak mereka butuhkan. Jadi gunakanlah kreatifitas Anda lalu tuangkan dalam bentuk inovasi produk bahkan program-program penjualan lainnya.

Ketiga sifat tadi pada dasarnya merupakan sifat alamiah seseorang, yang mana sifat ini sebenarnya sudah dimiliki oleh setiap orang. Hanya saja sebagian orang tidak sadar akan pentingnya ketiga sifat ini sehingga mereka tidak terlalu memperdulikannya.

Jika Anda memiliki kemauan yang kuat untuk sukses di bidang apapun, khususnya bagi Anda yang saat ini akan memulai atau telah menjalankan bisnis online, saran penulis adalah untuk terus mengembangkan ketiga sifat alamiah ini. Karena dengan ketekunan akan membuahkan hasil yang maksimal, dengan wawasan yang luas akan membuka jendela kesuksesan Anda, dan dengan kreatifitas maka sukses adalah hak Anda!

Related posts

Leave a Comment