Ingin Kerja Dari Rumah dan Menghasilkan Banyak Uang? 5 Profesi Ini Layak Dipertimbangkan

Ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan bila memiliki profesi yang bisa dikerjakan dari rumah. Diantaranya adalah kebebasan mengatur sendiri waktu kerja, mengatur sendiri lama bekerja, bebas menggunakan pakaian yang dianggap nyaman, tidak perlu stress menghadapi macet di jalan menuju kantor, bisa sering bersama keluarga, dan keuntungan lainnya.

Namun, kerja dari rumah juga memiliki kekurangan yang seringkali justru berpotensi merusak karir seseorang. Kebebasan mengatur waktu kerja tidak jarang membuat seseorang menjadi terlena dan akhirnya tidak disiplin dalam bekerja. Sebenarnya bekerja dari rumah ataupun di kantor memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing, tapi bila bisa memilih tentu saya akan memilih profesi yang bisa dikerjakan dari rumah.

Berikut ini adalah beberapa profesi yang bisa dikerjakan dari rumah, mungkin salah satu sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

1. Menjadi Penulis Lepas (Ghost Writer)

Bila Anda aktif menggunakan internet maka Anda tahu bahwa saat ini banyak sekali bermunculan media online yang memiliki beragam konten. Mulai dari situs berita online, berita hiburan, informasi kesehatan, artikel tutorial, dan berbagai konten lainnya. Nah, media-media online tersebut tentunya membutuhkan banyak penulis lepas untuk memproduksi artikel di situs mereka.

Uniknya, banyak media online yang memperbolehkan penulis mereka untuk membuat artikel dari rumah saja. Sebenarnya ini bisa saling menguntungkan kedua belah pihak, baik si pemilik media online maupun si penulis lepas.

Saya melihat dari sisi penulis lepas. Tentunya profesi ini sangat layak untuk dipertimbangkan karena selain menghasilkan uang, profesi ini bisa dikerjakan dari mana saja. Kita cukup menyiapkan perangkat komputer dan koneksi internet, tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam membuat artikel yang baik.

Nah, kalau Anda punya keahlian menulis dan punya wawasan yang cukup baik, maka profesi ini bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

2. Menjadi Blogger Profesional (Profesional Blogger)

Profesi ini sangat banyak dikerjakan oleh pengusaha kecil di Amerika. Sebenarnya di Indonesia juga cukup banyak blogger profesional, tapi tidak sebanyak di Amerika. Uniknya, profesi ini penghasilannya tidak terbatas bahkan banyak blogger di luar negeri yang penghasilannya mencapai angka ratusan juta hingga miliaran Rupiah per bulan.

Berbeda dengan penulis lepas, profesi blogger diharuskan memiliki keahlian dalam membangun dan mengelola sebuah website sehingga blog tersebut terkenal dan banyak pengunjung. Tentunya salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah blog adalah keunikan kontennya dan juga desain websitenya.

Lalu, dari mana penghasilan si blogger? Kalau ditanya soal penghasilan, tentunya masing-masing blogger memiliki tujuan ya. Ada beberapa blogger yang memang karena suka menulis tanpa perduli soal penghasilan dari blog, ada blogger yang membangun blog untuk mendukung bisnisnya, dan ada juga blogger yang awalnya karena suka menulis topik tertentu akhirnya memiliki bisnis sendiri.

Saya kasih contoh, misalnya blog milik Stella Lee, seorang beauty blogger yang cukup terkenal. Saya yakin, pada awalnya Stella membangun blognya untuk menyalurkan minatnya menulis tentang kecantikan. Namun pada akhirnya blognya menjadi terkenal dan mendapatkan pundi-pundi penghasilan dari brand-brand kosmetik yang ingin produknya diulas dan di-endorse di blog Stella.

Stella Lee hanya salah satu contoh blogger yang memiliki penghasilan dari hobby-nya blogging. Ada banyak sekali blogger – baik blogger lokal maupun dari luar – yang memiliki blog berprestasi mengagumkan dan menghasilkan uang dari kegiatan blogging. Kalau Anda pernah mendengar nama Linda Ikeji, blogger asal Nigeria ini bahkan punya penghasilan yang fantastis dari blognya.

3. Menjadi Web Developer

Web developer adalah salah satu profesi yang banyak dicari saat ini. Bukan hanya membuat website, tapi mengelola data base dan keamanan sebuah website agar bisa diakses dengan baik. Profesi ini tentunya hanya bisa dikerjakan oleh mereka yang memiliki keahlian dalam membuat website.

Namun, bila Anda punya minat yang besar menjadi seorang web develepor, Anda tidak perlu berkecil hati. Menjadi web developer sebenarnya bisa dipelajari dan tidak terlalu sulit bila belajar dengan serius. Bila Anda belum memiliki budget untuk belajar kelas premium, maka saya menyarankan untuk belajar secara gratis dengan banyak riset dan browsing di Google. Ada banyak informasi tentang ini di Google, tapi memang tidak tersusun rapih.

Bila Anda punya budget untuk belajar menjadi seorang web developer yang profesional, maka saya sangat merekomendasikan untuk ikut kelas premium di Baba Studio. Baba Studi sudah terbukti menghasilkan banyak alumni yang sukses membuat website profesional, salah satunya adalah Andi Muharyo yang masuk dalam tim pembuat website official Cinema 21, yaitu www.21cineplex.com.

4. Menjadi Desainer Grafis (Graphic Desainer)

Profesi ini bisa dikerjakan dari mana saja, bahkan dari tempat tidur pun bisa. Namun, walaupun profesi ini bisa dikerjakan di mana saja, untuk menjadi seorang desainer grafis ternyata harus memiliki keterampilan khusus dan kreatifitas yang tidak dimiliki oleh banyak orang.

Bila Anda memiliki keterampilan khusus dan kreatifitas dalam desain grafis, maka keahlian ini bisa memberikan penghasilan tambahan untuk Anda atau bahkan bisa menjadi penghasilan utama. Sebagai permulaan untuk menjual jasa Anda, sebaiknya manfaatkan marketplace tempat jual jasa desain. Beberapa marketplace yang saya rekomendasikan untuk menjual keahlian dalam desain grafis adalah Sribulancer.com, Sribu.com, Projects.co.id, Designhill.com, Studio.envato.com, 99designs.com.

5. Menjadi Vlogger di YouTube (Video Blogger)

Menurut saya vlogger adalah salah satu profesi yang sangat unik. Profesi ini bisa dijalankan dari mana saja, bahkan dari rumah. Namun kalau kita bicara soal penghasilan, profesi ini ternyata menawarkan penghasilan yang sangat menggiurkan.

Kalau Anda belum cukup familiar dengan vlogger di YouTube yang menghasilkan banyak uang, saya akan menyebutkan beberapa YouTuber yang kaya dari YouTube dan cukup sering saya tonton videonya.

1. PewDiePie (USA), akun ini sering mengulas game, dia adalah YouTuber paling kaya di dunia
2. Bart Baker (USA), akun ini berisi video-video parodi lagu
3. Schmoyoho (USA), specialis speach composing
4. Eka Gustiwana (Indonesia), specialis speach composing
5. Raditya Dika (Indonesia), akun ini berisi video jenaka dan trailer film Raditya
6. Edo Zhell (Indonesia), akun ini berisi video-video jenaka

Dan coba Anda perhatikan, sekarang ini semakin banyak YouTuber yang begitu bersemangat mengunggah video mereka ke YouTube. Selain membuat diri mereka terkenal, mereka juga bisa mendapatkan banyak uang dari iklan yang muncul di video-video yang mereka unggah di YouTube, sambil menyelam minum air. Terlepas dari motivasi awal mereka menjadi YouTuber, menurut saya profesi ini sangat layak untuk dipertimbangkan bila Anda ingin mendapatkan uang dari internet secara kontinu.

Related posts

Leave a Comment