Bisnis Sampingan Untuk Wanita Yang Masih Bekerja

Kendati seorang wanita tak memiliki kewajiban pokok untuk mencukupi seluruh kebutuhan ekonomi keluarga, namun mereka tertarik mencari bisnis sampingan di sela-sela waktu kerjanya agar bisa menyalurkan passion yang mereka miliki dan lebih mandiri dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Sifat dasar wanita yang telah terbiasa untuk berbagi peran, baik itu sebagai ibu rumah tangga, karyawan, maupun sebagai pelaku usaha, cukup memudahkan mereka untuk bisa tetap eksis di berbagai peran yang mereka tekuni.

Nah, bagi Anda wanita karir yang berencana merintis bisnis sampingan di sela-sela kesibukan utama sebagai seorang karyawan, tak ada salahnya bila Anda mulai mempersiapkan peluang bisnis tersebut dari sekarang.

Target Pasar yang Bisa Dibidik

Saat ini, ide bisnis sampingan yang terbilang cocok bagi wanita karir memang cukup banyak. Namun, mengingat status Anda masih bekerja sebagai karyawan aktif, maka sebaiknya jangan terburu-buru dalam memilih peluang bisnis. Pertimbangkan besarnya modal yang Anda miliki, seberapa tinggi resiko bisnis yang akan Anda jalankan, dan seberapa besar peluang pasar yang bisa Anda bidik.

Berhubung Anda masih aktif bekerja, sebaiknya bidik pangsa pasar yang ada di sekitar tempat kerja Anda. Dalam hal ini, Anda bisa membidik rekan kerja di kantor (terutama rekan sesama wanita yang mudah tergiur dengan aktivitas belanja) dan memilih jenis bisnis sampingan yang banyak dicari calon konsumen. Contohnya saja Anda merintis bisnis pakaian kerja, membuka konter pulsa berjalan (berjualan pulsa menggunakan handphone pribadi), bisnis sepatu kerja, bisnis tas kerja, dan lain sebagainya.

Ide Bisnis Sampingan Untuk Wanita

Sebagai wanita karir yang dituntut untuk bekerja secara profesional, tentunya Anda harus pintar-pintar dalam memilih peluang usaha. Hal ini penting agar bisnis sampingan yang Anda jalankan bisa berjalan beriringan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai seorang karyawan.

Berikut adalah peluang bisnis sampingan yang bisa Anda jalankan disela-sela kesibukan Anda sebagai karyawan.

  • Bisnis pakaian kerja. Sebagai seorang karyawan, salah satu kebutuhan yang banyak mereka cari adalah pakaiankerja. Memanfaatkan peluang tersebut, Anda bisa merintis bisnis pakaian kerja untuk memenuhi kebutuhan rekan-rekan Anda di kantor. Dalam hal ini Anda bisa menawarkan celana kerja pria, kemeja kerja pria, rok kerja, blus wanita, bolero, jas pria, dasi pria, dan lain sebagainya.
  • Bisnis kosmetik. Setiap wanita tentunya tak bisa dipisahkan dari peralatan rias, contohnya saja seperti produk-produk kosmetik. Melihat banyaknya peminat kosmetik di kalangan wanita, Anda bisa memilih bisnis kosmetik ini sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan tambahan penghasilan.
  • Bisnis Aksesoris wanita. Selain produk fashion, Anda juga bisa menawarkan aksesoris wanita seperti misalnya tas, sepatu, gelang, kalung, syal, ikatpinggang, dan lain sebagainya.
  • Bisnis konter pulsa berjalan. Istilah konter pulsa berjalan tentu sudah sering Anda dengar sebelumnya. Dengan modal handphone pribadi yang Anda miliki, sekarang ini setiap orang bisa berjualan pulsa dengan cara yang relatif mudah.
  • Bisnis toko online. Meningkatnya transaksi penjualan di dunia maya, menjadikan peluang bisnis toko online mulai menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan tambahan penghasilan di luar gaji Anda sebagai seorang karyawan.

Cara Merintis Bisnis Sampingan Bagi Wanita

Dewasa ini, kemunculan pengusaha wanita sudah mulai menunjukkan peningkatan baik dari segi jumlah maupun dari segi kualitas. Bahkan, sekarang ini pemerintah mulai mendorong agar peranan wanita di dunia usaha tak kalah bersaing dengan pengusaha pria.

Dibawah ini kami informasikan langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk merintis bisnis sampingan bagi wanita karir.

  1. Lakukan survey pasar sebelum menentukan peluang usaha. Mengingat waktu, tenaga, dan modal yang dimiliki masih cukup terbatas, maka penting bagi Anda untuk melakukan survey pasar dengan benar sebelum akhirnya memutuskan peluang bisnis yang sekiranya menjanjikan keuntungan besar. Tentukan siapa calon konsumenAnda, perhatikan apa saja yang mereka butuhkan, dan tawarkan produk atau jasa dengan harga yang bersahabat.
  2. Mulailah dari hobi atau passion yang dimiliki. Mengingat tugas Anda sebagai seorang karyawan sudah cukup berat, maka sebaiknya pilih peluang bisnis dari hobi atau passion yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa mengalihkan kejenuhan di tempat kerja dengan menekuni bisnis sampingan yang Anda senangi. Contohnya saja bila Anda gemar membuat kerajinan tangan, Anda bisa memproduksi produk-produk handmade dan dipasarkan di lingkungan kerja Anda.
  3. Tak melupakan etika kerja sebagai seorang karyawan. Meskipun Anda telah memiliki bisnis sampingan, namun jangan pernah mengesampingkan etika kerja Anda sebagai seorang karyawan. Jaga dengan baik profesionalisme kerja Anda, agar kedua peran tersebut tidak saling bertabrakan. Misalnya saja dengan memanfaatkan waktu istirahat atau hari libur Anda untuk mempromosikan bisnis sampingan yang Anda tekuni.
  4. Persiapan skill dan jaringan. Dalam dunia usaha, salah satu modal utama yang dibutuhkan pelaku bisnis wanita adalah skill untuk mengembangkan usaha yang mereka geluti, serta jaringan bisnis untuk memperlancar alur distribusi barang hingga sampai ke tangan calon konsumen.
  5. Mulai mempersiapkan bahan, peralatan, dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk merintis bisnis sampingan tersebut. Dalam hal ini Anda tidak perlu muluk-muluk mempersiapkannya hingga memakan biaya cukup besar.Yang terpenting Anda bisa mulai merintis bisnis kecil-kecilan agar modal bisnis Anda bia cepat berputar.

Keuntungan Bisnis Sampingan Bagi Wanita Karir

Walaupun sebagai karyawan Anda telah mendapatkan gaji tetap setiap bulannya, namun dengan merintis bisnis wanita setelah pulang dari tempat kerja, Anda bisa mendapatkan tambahan income untuk memenuhi segala kebutuhan kaum hawa. Selain dari segi income yang bertambah banyak, bisnis sampingan tersebut juga bisa Anda jadikan sebagai sarana penyalur hobi yang tak bisa diwujudkan di tempat kerja.

Keuntungan lainnya yang diperoleh pengusaha wanita ketika merintis bisnis sampingan adalah bisa memperluas silaturahmi baik di kalangan sesama karyawan maupun dengan atasan kerja Anda dan calon konsumen lainnya yang Anda temui. Ketika silaturahmi mulai meluas, maka tidak menutup kemungkinan bila ilmu pengetahuan dan pengalaman Anda di dunia bisnis, semakin hari juga bisa ikut bertambah.

Kesulitan Wanita Karir Dalam Berbisnis

Kesibukan Anda sebagai seorang karyawan, menjadi salah satu kendala mengapa bisnis sampingan yang Anda jalankan tak bisa berkembang dengan maksimal. Diperlukan pengorbanan ekstra dari dalam diri Anda, karena sebagai karyawan sekaligus seorang pengusaha Anda dituntut untuk mengeluarkan energi, pikiran, kesabaran, dan tentunya mengorbankan waktu santai Anda bersama teman-teman dan keluarga besar Anda. Ketika tantangan tersebut tak bisa diatasi dengan baik, tidak menutup kemungkinan bila bakal muncul konflik jika kedua peran tersebut tak lagi bisa berjalan beriringan.

Strategi Pemasaran Bisnis Sampingan Wanita

Pelaku bisnis wanita yang statusnya masih bekerja, tentunya harus memikirkan dengan matang strategi pemasaran yang hendak mereka jalankan. Sebab, sebagai seorang karyawan mereka juga harus memperhatikan etika kerja yang berlaku di perusahaannya. Poin ini perlu diperhatikan agar kedepannya tak mengganggu aktivitas Anda sebagai seorang pekerja. Untuk itu, ada baiknya bila strategi pemasaran bisnis sampingan tersebut dijalankan melalui internet. Dengan begitu, pengawasan bisnis bisa dijalankan dengan mudah diluar jam kerja Anda di perusahaan. Misalnya saja dengan memanfaatkan BlackBerry Messenger (BBM), forum jual beli online, berjualan di group instagram, WhatsApp, Line, Wechat, dan lain sebagainya.

Disamping memanfaatkan strategi pemasaran via smartphone atau gadget lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan waktu libur kerja untuk menjaring calon konsumen. Contohnya saja dengan mempromosikan produk atau jasa Anda di acara gathering perusahaan, menawarkan sampel produk di sela-sela jam istirahat kerja, atau mengikuti bazar dan pameran di setiap akhir pekan  atau weekend.

Kunci Sukses Wanita Karir Dalam Berbisnis

Pembagian waktu dan fokus kerja yang seimbang menjadi kunci utama Anda dalam menjalankan bisnis sampingan di sela-sela waktu Anda sebagai seorang karyawan. Meskipun hal tersebut terlihat cukup mudah, namun kenyataannya sampai hari ini masih banyak wanita karir yang tak bisa fokus menjalankan peran tersebut dengan baik. Akibatnya, beberapa diantara mereka terpaksa resign atau di PHK dari tempat kerja, karena loyalitas kerja mereka terhadap perusahaan dianggap mulai berkurang. Karenanya, sebelum terjun merintis bisnis sampingan, pastikan bila peluang usaha yang Anda pilih tak mengganggu ruang gerak Anda sebagai seorang karyawan. Beberapa peluang usaha wanita yang tak banyak menyita waktu dan bisa dipantau dengan mudah, adalah bisnis di internet. Melalui smartphone ataupun gadget, saat ini wanita karir yang berniat merintis bisnis sampingan bisa menjalankan dua peran tersebut dengan seimbang.

Related posts

Leave a Comment