Bisnis Sampingan Studio Musik Dengan Modal Kecil

Musik merupakan salah satu hiburan yang bisa dinikmati oleh semua orang, musik hampir semua orang menyukainya. Dari semua kalangan dewasa hingga anak anak menyukai musik. Musik sangat banyak jenisnya, seperti musik rock, pop, religi, dangdut dan masih banyak lagi. Apalagi akhir akhir ini cukup banyak bermunculan band musik, entah itu band lama, band baru hingga band yang didirikan hanya sekedar hobi belaka.

Suatu bisnis dapat anda bentuk sendiri dari banyaknya peluang bisnis yang ada, salah satunya yaitu memanfaatkan peluang yang sangat besar sekali dibidang musik. Cara tepat untuk memanfaatkan peluang bisnis di bidang music adalah dengan membuka bisnis studio musik. Apakah yang dimaksud dengan studio musik, yaitu tempat yang digunakan latihan bermain musik oleh anak anak hingga dewasa. Biasanya mereka yang berlatih distudio musik dijuluki anak band. Bisnis studio musik ini sangat menjanjikan dan prospek usaha ini sangat cemerlang karena dijaman yang semakin maju ini banyak anak yang suka bermain musik.

Menjalankan bisnis studio musik tidak melihat tempat atau daerah, bisnis ini bisa anda jalankan dikota maupun didesa. Karena banyaknya peminat yang menyukai musik maka bukalah bisnis ini secepat mungkin. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar untuk mendirika studio musik. Modal yang digunakan berupa uang dan juga berupa ilmu keahlian. Setidaknya anda harus mengerti mengenai musik serta peralatan yang akan dibutuhkan untuk mendirikan bisnis studio musik.

Bisnis Sampingan Studio Musik Dengan Modal Kecil

Bisnis sampingan studio musik menjanjikan

Berikut ini ada beberapa tips untuk anda yang ingin mendirikan sebuah bisnis studio musik, silahkan untuk menyimak.

1. Tempat dan lokasi studio musik
Lokasi untuk membuka bisnis studio musik bisa memanfaatkan ruangan rumah anda sendiri. Biasanya ruangan yang dibutuhkan yaitu dengan luas 3 x 5 meter sudah cukup. Dengan memanfaatkan ruangan rumah, anda sudah bisa menghemat modal tempat bisnis studio tanpa harus menyewa. Tetapi jika anda ingin menyewa carilah lokasi yang sekiranya ramai orang dan setrategis. Anda bisa mencari lokasi dekat sekolahan dan juga pinggir jalan serta jangan lupa sediakan tempat parkir sepeda, ruang tunggu dan lainnya.

2. Memilih alat musik
Hal kedua setelah anda mencari lokasi yaitu pilihlah alat musik yang sesuai dengan modal yang anda gunakan. Beragam jenis harga alat musik menjadi pilihan, namun jika modal anda nipis maka belilah alat musik yang agak murah saja. Banyak seklai alat musik yang original dengan harga murah, terlebih dahulu anda membeli yang seken. Namun jika modal anda cukup maka silahkan beli alat musik yang original dan masih baru. Silahkan sesuaikan dengan modal yang anda punya untuk membeli alat musik tersebut.

3. Ruangan studio musik
Ukuran luas ruang menjadi hal yang harus diperhatikan. Buatlah ruangan berbentuk segi panjang, supaya suara didalam studio yang dihasilkan bisa bagus dan sempurna. Didalam ruangan jangan sampai lupa pasang peredam suara agar suara tidak keluar, sehingga tidak mengganggu tetangga sekitar. Setelah anda beri peredam suara maka berilah bass trap pada setiap sudut didalam ruangan. Selanjuntnya pasang juga pemecah suara (diffusor) di semua permukaan tembok, sebaiknya hindari pemasangan yang ada dua permukaan yang sama berhadapan langsung.

4.Sistem manajemen
Sistem manajemen sangat penting dan harus benar benar baik dalam menjalankan bisnis studio musik. Terutama dalam manajemen keuangan yang sangat penting untuk kebutuhan bisnsi studio ini. Manajemen keuangan tersebut meliputi biaya operasional alat musik cadangan, seperti alat musik, senar gitar, stick serta biaya lainnya seperti halnya biaya tagihan listrik, kipas angin atau ac.

5. Promosikan studio musik anda
Promosi sangat penting sekali untuk perkembangan studio musik anda, karena masih baru maka sering lakukan promosi supaya banyak orang yang mengetahui tentang studio musik yang anda dirikan. Anda bisa menjalankan promosi dengan memberi harga promo kepada para pemain, bisa juga melalui banner, brosur, pamflet dan amsih banyak lagi yang sekiranya bisa anda lakukan untuk membuat promosi.

Related posts

Leave a Comment