6 Alasan Untuk Membangun Usaha di Usia Muda

Memiliki usaha sendiri mulai menjadi tren di Indonesia. Selain keuntungan finansial yang didapat, memiliki usaha sendiri memiliki banyak manfaat mulai dari pengalaman sampai memperluas networking. Mulai dari bisnis kuliner sampai properti, pelakunya pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak muda sampai lanjut usia.

Walaupun tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai suatu usaha, namun tahukah kamu bahwa orang-orang yang memulai sebuah usaha di usia dini bahkan sejak bangku sekolah memiliki lebih banyak keunggulan.

Berikut 6 hal yang menjadi keunggulan bagi orang-orang yang memulai usahanya di usia muda:

  1. Lebih mudah mengambil keputusan

Ketika masih muda, kita belum memiliki tanggungan hidup yang berat seperti keluarga, pasangan maupun anak sehingga tidak perlu khawatir untuk mengambil keputusan. Hal ini menjadi penting karena apapun yang kita lakukan haruslah mempertimbangkan dampaknya pada orang-orang terdekat kita. Oleh karena itu, anak muda cenderung lebih berani mengambil keputusan yang radikal. Manfaatkanlah momen di usia tersebut untuk mengambil keputusan radikal yang positif seperti membangun usaha atau berbisnis.

  1. Jam terbang lebih banyak dibandingkan teman yang lain

Memulai usaha di usia muda akan menambah jam terbang atau pengalamanmu. Membangun usaha akan memberikan banyak pelajaran seperti leadership, komunikasi, keuangan dan lain-lain. Ketika orang-orang seusiamu menghabiskan waktunya hanya untuk bersekolah dan bermain, kamu justru menyisihkan waktu untuk membangun bisnis. Ini akan menjadi nilai lebih karena dalam periode yang sama, kamu menguasai lebih banyak hal, kemampuan dan pengalaman dibandingkan teman-temanmu.

  1. Lebih banyak energi

Di usia muda, orang cenderung memiliki energi yang eksplosif karena kondisi kesehatan pemuda lebih baik dibandingkan dengan orang yang berusia lanjut. Energi eksplosif tersebut mendukung produktivitas pemuda sehingga bisa bekerja lebih cepat, prima, dan tahan banting. Kamu hanya akan mengalami usia muda sekali seumur hidup, oleh karena itu manfaatkan energi di usia muda untuk mengerjakan hal positif seperti membangun bisnis.

  1. Lebih cepat memulai, lebih cepat sukses

Memiliki usaha yang sukses, beromset tinggi atau terkenal membutuhkan waktu dan perjuangan yang tidak mudah. Membangun usaha bisa dibilang adalah proses pembelajaran yang panjang. Kebanyakan pengusaha yang sukses dapat memperoleh kesuksesannya setelah melalui banyak kegagalan. Sehingga bisa dikatakan kegagalan adalah suatu hal yang pasti akan dihadapi para pelaku usaha. Apabila kegagalan terjadi di usia muda, masih banyak waktu untuk memperbaiki kegagalan tersebut. Sehingga memungkinkan usahamu akan sukses di usiamu yang masih tergolong muda.

  1. Membangun karakter positif

Tahukah kamu, karakter bukan sesuatu yang bisa dibentuk dalam beberapa bulan atau setahun. Karakter terbentuk dari lingkungan dan proses pembelajaran di usia dini. Oleh karena itu, apa yang kita lakukan di usia dini akan sangat mempengaruhi karakter kita saat dewasa. Salah satu cara terbaik untuk membangun karakter positif seperti mandiri, berjiwa pemimpin, disiplin, gigih dan sebagainya yaitu melalui kegiatan wirausaha.

  1. Membangun lebih banyak network

Walaupun membangun usaha di usia muda, gausah takut bakal kehilangan waktu bermain. Eitss tapi kalo kamu pengusaha muda, teman mainnya beda loh, antara lain investor, partner usaha dan orang-orang lain yang memiliki visi sama seperti kamu. Berhubungan dengan orang-orang tersebut akan menguntungkan kamu tidak hanya dalam usahamu tapi lebih dari itu. Network tersebut akan berguna saat kamu dewasa, percaya deh kabar baik dan hal-hal baik biasanya akan dibagikan ke orang-orang terdekat kita. Untuk itu jalinlah hubungan baik dengan partner usahamu karena bisa jadi mereka yang akan menolongmu di kesulitan yang akan datang.

Related posts

Leave a Comment