5 Sumber Modal Usaha Buat Mahasiswa

Sering gak sih denger curhatan temen yang batal untuk menjalankan bisnis karena keterbatasan modal. Duh sayang banget ya, kali ini kita akan kasih tau kamu sumber pendanaan agar mahasiswa bisa memperoleh modal usaha.

Tabungan

Buat kamu yang mau menjalankan usaha, jangan sungkan-sungkan untuk menggunakan uang tabungan pribadi sebagai modal. Daripada buat hura-hura, mending uangnya buat investasi lagi. Kamu gak perlu menggunakan semua tabunganmu untuk modal, sisakan sekitar 30% untuk keperluanmu yang lain. Memang tidak semua orang terbiasa menabung. Tapi tidak ada kata terlambat untuk menabung, karena tau sendiri kan betapa bergunanya uang tabungan di saat keadaan mendesak, termasuk saat kamu kehabisan dana untuk modal usaha.

Orang tua

Sumber pendanaan yang satu ini mudah sekali didapatkan namun sering gak kepikiran. Buat yang orang tuanya cukup mampu atau bahkan kaya, kamu bisa minta modal usaha ke mereka. Tapi walaupun mereka orang tua kita sendiri, tetap gunakan tata cara tertentu. Buat rincian perencanaan budgetmu sekaligus estimasi profit yang akan diperoleh ya.

Lomba

Salah satu cara keren untuk memperoleh modal usaha adalah dengan mengikuti lomba bisnis. Dengan mengikuti lomba bisnis kamu memiliki peluang untuk memenangkan sejumlah uang yang bisa digunakan untuk modal usaha. Selain hadiah kamu juga akan mendapatkan pengalaman berkompetisi yang bisa membangun winning mental bagi anak muda. Di beberapa lomba bisnis juga menawarkan pelatihan pengembangan bisnis bagi para pemenangnya. Jadi kamu mesti rajin-rajin mencari info lomba bisnis ya. Kamu bisa searching di internet atau mengikuti akun lomba bisnis atau akun perusahaan karena kamu akan memperoleh update langsung dari mereka.

Bekerja atau magang

Kalo kamu bukan dari keluarga yang mampu atau kamu udah ikut lomba bisnis tapi belum menang tetap semangat ya. Masih ada cara lain untuk memperoleh modal usaha, yaitu bekerja atau magang. Cari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu waktu kuliahmu. Selain mendapatkan gaji kamu juga akan memperoleh skill tambahan sesuai bidang pekerjaan kamu. Eitss jangan lupa ya uangnya ditabung untuk modal usaha jangan dihabiskan untuk keperluan lain, hihiii.

Investor

Cara yang satu ini mungkin jarang digunakan oleh mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa merasa kurang percaya diri untuk mengajukan permohonan modal usaha ke investor. Ini salah besar ya guys, kamu sangat memiliki kemungkinan didanai langsung oleh investor jika konsep bisnismu sangat unik dan bagus, atau bisnismu pernah menjuarai perlombaan tertentu bisa menjadi nilai plus di mata investor. Oleh karena itu lakukan persiapan yang matang sebelum menemui investor, seperti business plan, prototype bisnis dan lain-lain.

Related posts

Leave a Comment