5 Peluang Usaha Kuliner Yang Mudah Untuk Di Jalankan

Mengapa orang begitu banyak melirik bisnis kuliner sebagai pilihannya?
Salah satu alasanya adalah karena menjalankan usaha dibidang kuliner itu tidak terlalu sulit dan keuntungan yang ditawarkan cukup besar. Yang dibutuhkan hanyalah keterampilan dalam mengelolah makanan atau minuman yang enak. Berikut ini adalah contoh peluang usaha kuliner modal kecil yang bisa anda jalankan.

1. Usaha Membuat Makanan Snack atau Cemilan
Snack merupakan makanan ringan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan dan usia. Snack menjadi pilihan yang tepat disaat nyantai. Nah, bagi anda para pengusaha newbie (baru) di dunia enterpreneur tidak ada salah mencoba usaha kuliner makanan ringan ini.

Sebagai langkah awal Anda bisa mencoba dengan makanan kecil seperti snack, keripik, atau kue kering lainnya. Akan lebih baik bila Anda juga mempunyai keterampilan untuk membuat sendiri produk tersebut sehingga profit yang diperoleh akan lebih besar. Manfaatkan momen lebaran atau natal untuk meningkatkan omset dengan mempromosikan kue kering khas hari raya buatan Anda sendiri. Jika anda ada kemampuan dibidang ini jangan pernah disia-siakan.

2. Usaha Minuman Segar atau Jus
Minuman segar atau jus pun bisa menjadi peluang usaha kuliner anda, dan usaha ini sangat mudah untuk dijalankan. Anda bisa membidik pasar di kalangan remaja dan mahasiswa dengan membuat inovasi minuman atau beraneka jus dengan berbagai wadah yang unik, rasa yang unik dan nama yang membangkitkan rasa ingin tahu.

Selain itu Anda juga bisa mempopulerkan kembali minuman-minuman tradisional seperti sari jahe, bajigur, atau bandrek dengan tampilan yang lebih modern. Dalam menjalankan usaha ini anda harus pintar-pintar mencari tempat yang bagus, tempat yang mudah untuk dijangkau orang banyak, terutama kalangan pelajar & mahasiswa.

3. Menjual Aneka Gorengan
Kuliner yang satu ini bisa dikatakan digemari oleh semua kalangan masyarakat di berbagai usia. Apalagi gorengan dikenal dengan harga murah dan sangat cocok dinikmati dengan minuman hangat di sore hari.

Agar tidak berkesan monoton, buatlah gorengan dengan bentuk yang berbeda misalnya singkong goreng keju, pisang goreng berbulu, cireng beraneka bentuk, tahu isi pedas, dan sebagainya. Keunikan ini tentu akan mampu menarik perhatian para penyuka wisata kuliner.

4. Usaha Catering Rumahan
Usaha ketering memang takan pernah mati, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat. Tingkat ekonomi masyarakat Indonesia kini juga mulai membaik serta budaya serba instan yang kini menjalar di masyarakat, terutama pekerja kantor dan mahasiswa. Sehingga membuat usaha kuliner katering semakin berkembang pesat.

Duhulu masyarakat kita jarang menggunakan jasa katering ketika mengadakan acara, tetapi berbeda dengan sekarang dimana masyarakat lebih memilih jasa ketering. Usaha ketering ini mempunyai prospek yang bagus, mengingat hampir semua masyarakat membutuhkan jasa ketering dengan alasan untuk mencari kemudahan, instan dan siap saji.

Anda tidak harus memulai bisnis rumahan katering ini dengan modal besar. Anda bisa memulainya dengan modal seadanya dan dengan alat – alat seadanya yang ada di dapur anda. Untuk biaya bahan baku anda bisa meminta DP atau uang tanda jadi atas pesanan makanan yang akan anda buat sehingga anda dapat menekan biaya modal pembuatan makanan tersebut.

Jika usaha katering anda semakin berkembang, tentu tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan usaha dengan skala yang lebih besar serta menyediakan juga alat -alat prasmanan, tarub dan lain lain.

5. Bisnis Warung Tenda Harga Mahasiswa & Karyawan
Anda pasti sudah pernah makan diwarung tenda?

Tempat yang sangat sederhana namun menu masakan cukup variatif dan untuk harga cukup bervariasi. Anda juga bisa mencoba bisnis kuliner ini. Pada dasarnya untuk menjalankan usaha ini cukup mudah, anda cukup mencari tempat yang bagus, dekat dengan market konsumen dan mempunyai kemampuan dalam mengolah aneka makanan yang banyak diminati.

Related posts

Leave a Comment