3 Strategi Jitu Membangun Networking Bisnis Anda

Kemudahan untuk mengembangkan bisnis akan Anda peroleh dengan jaringan yang luas. Sudah tidak diragukan lagi berbagai macam manfaat dari networking yang luas. Banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan mulai dari pinjaman modal, peluang kerjasama, tempat bisnis serta bila menemui kendala dalam menjalankan bisnis. Semuanya akan terselesaikan dengan satu kunci, yaitu jaringan yang luas. Banyak cara untuk mendapatkan jaringan yang luas, diantaranya adalah

  1. Mulailah memperbanyak kenalan

Memperbanyak kenalan sama artinya dengan membuka pintu rejeki Anda. Kenalan dapat Anda dapatkan dimana saja dan dari kalangan apa saja. Jangan membeda-bedakan kalangan. Jangan menganggap salah satu kalangan saja yang akan bermanfaat bagi Anda. Berbagai kalangan yang berkualitas akan mendukung Anda dalam menjalani bisnis.

Pembawaan yang santun dan elegan juga akan mempermudah Anda dalam proses perkenalan. Tetap bersikap rendah hati agar lawan bicara Anda merasa nyaman dan nyambung dalam berkenalan. Perkenalan yang baik akan mempermudah Anda menjalin komunikasi yang selajutnya dapat diarahkan untuk menjalin kerjasama. Mulai membuka jaringan baru agar bisnis Anda dapat dengan cepat berkembang.

  1. Jangan pernah lupa bawa kartu nama

Kartu nama adalah salah satu hal yang penting untuk Anda miliki. Karena manfaat kartu nama sebagai tanda pengenal selebihnya dapat dimanfaatkan sebagai senjata ketika Anda berkenalan atau memperluas jaringan. Ketika Anda bertemu dengan rekan bisnis baru baik sengaja maupun tidak, jangan pernah lupa untuk saling bertukar kartu nama. Hal ini akan mempermudah Anda mengetahui informasi dari rekan bisnis baru tersebut. Walaupun tindakan init terkesan remeh namun terbukti efektif untuk menjaring relasi yang lebih luas.

  1. Cobalah bergabung dengan forum atau komunitas bisnis di sekitar anda

Cara ini merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk dilakukan. Banyaknya partner bisnis datang dari komunitas atau forum online yang ada diinternet. Dengan diawali dari jejaring sosial dapat dilanjutkan ke kopi darat yang akan menambah keakraban Anda dengan partner baru. Kegiatan ini akan banyak memberikan manfaat bagi Anda selain mendapatkan rekan bisnis baru. Salah satunya Anda dapat bertukar pikiran dan pengalaman tentang bisnis yang Anda jalani dengan orang lain. Kemudahan membuka jaringan baru juga akan Anda dapatkan melalui berbagai forum yang telah diikuti. Yang terpenting adalah jangan malas untuk berbagi kepada orang lain.

Setelah Anda melakukan strategi diatas, selanjutnya mulailah membina hubungan baik dengan semua relasi. Dari jaringan yang luas akan tercipta hubungan yang baik sehingga muncul rasa kepercayaan antar pebisnis. Pastikan adanya manfaat yang didapat antar berbagai pihakm agar terbangun hubungan kokoh dan kerjasama yang menguntungkan semua pihak.

Related posts

Leave a Comment