Peluang Usaha Yang Menjanjikan Di Pedesaan Dengan Modal Usaha Kecil

Tinggal di desa bukan berarti tidak bisa mengembangkan minta bisnis. Di desa sekalipun, kita bisa mengembangkan bisnis yang menguntungkan. Ada banyak sekali usaha yang menjanjikan di pedesaan yang bukan hanya bisa digeluti mereka para kaum sepuh, namun juga kaum muda layak untuk menggelutinya.

Apalagi sumber daya alam di desa juga mendukung untuk berbagai usaha dan juga bisnis. Jangan melulu memakai pola pikir kalau mau usaha harus dikota. Malah justru di desalah banyak terbuka peluang usaha yang banyak tak dilirik oleh anak muda.

Beberapa Ide Usaha Yang Menjanjikan Di Pedesaan

Beternak
Jangan salah, mereka para peternak sapi pun bisa jadi para jutawan. Bayangkan, dengan sumber daya alam yang ada di desa bisa kita manfaatkan untuk mencari dengan mudah pakan ternak. Banyak pula lahan yang bisa dijadikan untuk tempat peternakan. Untungnya bukan main-main lho.

Dengan tenaga kerja yang tak terlalu besar, usaha ternak bisa menghasilkan uang berlimpah. Contohnya usaha sapi pedaging. Untuk sapi siap jual, harga bisa sampai 30 juta lho. Nah, bagaimana jika satu peternakan punya lima sapi saja, berapa keuntungan yang didapat?

Bukan hanya sapi, ada pula ternak yang menguntungkan, seperti kambing, ayam, dan burung puyuh yang bisa dimanfatakan sebagai sumber penghasilan.

Berkebun
Menjual hasil kebun tidak harus melulu sayuran. Bisa kita tanami buah-buahan langka berharga mahal. Jika desa kita di tempat yang memungkinkan berada di dataran tinggi, maka bisa kita manfaatkan untuk berkebun stroberi yang memiliki nilai jual yang bagus. Pasarnya pun juga luas, bahkan bisa sampai ekspor kalau memang produknya bagus.

Ada pula usaha perkebunan lain yang menjanjikan keuntungan, seperti kebun bunga dan juga aneka tanaman hias yang harganya tidak murah. Apalagi kalau yang kita budidayakan adalah tanaman yang langka, nilainya bisa sangat tinggi. Nah, di desalah tempat budidaya berbagai tanaman yang menghasilkan rupiah tak sedikit. Janagn lupa untuk mengelolanya secara profesinonal karena bisa mendatangkan untung yang besar.

Related posts

Leave a Comment