Memulai Bisnis Daur Ulang Limbah Plastik

Memulai Bisnis Daur Ulang Limbah Plastik – Memulai bisnis daur ulang limbah plastik maksudnya adalah menjual hasil cacahan plastik yang telah diolah menjadi serpihan-serpihan kecil luntuk dijual ke pabrik plastik. Untuk memulai bisnis ini, pastinya dibutuhkan mesin industri yang nantinya akan digunakan untuk menghancurkan plastik, mengeringkan dan lainnya.

Berikut ulasan mengenai mesin-mesin yang akan digunakan dalam bisnis daur ulang limbah plastik ini :

1. Mesin penghancur plastik

Mesin penghancur plastik

Mesin penghancur plastik adalah mesin yang wajib dimiliki oleh pelaku industri daur ulang limbah plastik. Mesin ini berfungsi sebagai alat untuk mencacah plastik. Bahan baku (plastik) yang beraneka macam bentuknya akan dicacah oleh mesin ini untuk dijadikan serpihan-serpihan kecil, sehingga mempermudah proses selanjutnya dan juga mempermudah proses transportasi. Biasanya mesin penghancur plastik ini digerakkan menggunakan mesin diesel atau motor listrik.

BACA JUGA : Apa Itu Bisnis Daur Ulang?

2. Mesin pengering

Sesuai dengan namanya, mesin ini berfungsi untuk mengeringkan hasil cacahan plastik yang telah dicuci. Pengadaan mesin ini hanya sebagai alternatif saja. Jadi jika modal yang dimiliki masih terbatas, kita masih bisa menunggu belas kasih dari sinar matahari dalam mengeringkan plastik-plastik tersebut.

Mesin pengering sendiri terdiri dari 2 unit, yakni :

a. Mesin Centris

Mesin Centris

Mesin centris memiliki cara kerja yang sama dengan pengering pada mesin pencuci di rumah kita. Alat ini bekerja dengan cara spinner sehingga mampu meniriskan sisa-sisa air yang masih nempel pada serpihan plastik. Plastik yang telah dikeringkan oleh mesin ini memiliki nilai kekeringan sekitar 90%. Jadi jika ingin mengeringkan plastik secara maksimal, maka bisa melanjutkan tahap pengeringan dengan menggunakan mesin Dryer Horizontal.

BACA JUGA : Sukses Dalam Industri Daur Ulang Sampah

b. Mesin Dryer Horizontal

Mesin Dryer Horizontal

Mesin dilengkapi dengan blower dan heating coil. Jadi, semua serpihan plastik yang dimasukkan ke dalam alat ini akan dialirkan uap panas yang berasal dari heating coil sehingga plastik di dalamnya menjadi kering.

Related posts

2 Thoughts to “Memulai Bisnis Daur Ulang Limbah Plastik”

  1. […] Memulai Bisnis Daur Ulang Limbah Plastik […]

  2. […] Memulai Bisnis Daur Ulang Limbah Plastik […]

Leave a Comment