Jangan Sampai Bisnis Online Dari Rumah Memenjarakanmu!

Bisa menjalankan dan mengembangkan bisnis dari rumah adalah menjadi tujuan bagi sebagian besar dari kita. Salah satu bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah adalah #bisnis online. Bisnis online memang memungkinkan pelakunya memanage bisnis dari rumah saja tanpa keluar kemana-mana.

Memang terlihat sangat mudah dalam menjalankan bisnis online dari rumah ini. Namun teman-teman juga harus waspada ketika Anda berkecimpung dalam bisnis seperti ini. Kenapa harus waspada, karena bisnis online yang dikerjakan dari rumah bisa membuat pelakunya lupa segalanya. Keadaan seperti ini sebenarnya bukanlah keadaan yang sehat baik secara fisik maupun secara psikis.

Jika teman-teman terjebak di dalam aktivitas bisnis online yang terlalu masuk ke dalamnya, maka akan membuat Anda seperti terpenjara di dalam rumah sendiri. Secara sosial, jika Anda tidak segera menyadarinya, maka Anda akan terkucilkan meskipun mungkin Anda tidak memperdulikan itu.
Keadaan ini lama-lama akan membawa Anda pada pribadi yang anti sosial dan tidak perduli terhadap lingkungan, bahkan kepada keluarga sekalipun. Jangan biarkan keadaan seperti ini berlanjut! Untuk mengatasinya, coba beberapa tips bisnis online sehat di bawah ini.

1. Fokus Boleh, Namun Jangan Lupakan Keluarga

Dalam menjalankan bisnis memang harus fokus dan serius, namun jangan sampai hal itu membuat Anda melupakan keluarga. Jangan sampai Anda melupakan orang-orang terdekat Anda. Karena mereka jugalah yang akan membantu Anda jika suatu saat Anda terkena musibah. Maka ketika menjalankan bisnis online terlebih Anda menjalankannya dari rumah, maka jangan sampai Anda melupakan keberadaan keluarga di rumah.

Jika Anda terlalu fokus, dan bahkan sampai melupakan mereka, pasti mereka akan merasa kehilangan Anda. Meskipun mungkin Anda tidak pernah pergi kemana-mana namun karena Anda tidak pernah menjalin interaksi dengannya, maka mereka tidak merasa keberadaan Anda di rumah.

2. Agendakan Kegiatan di Luar Rumah

Buatlah agenda atau jadwal di luar rumah untuk menjaga keseimbangan hubungan interaksi Anda dengan orang-orang di luar. Bisa dengan mengagendakan berolahraga bersama atau dengan sekedar pergi untuk minum kopi dengan yang lain.

Tindakan kecil seperti ini akan membantu Anda menjalin komunikasi dan interaksi dengan lingkungan sosial Anda. Jika Anda tidak pernah melakukan hal ini, orang di luar akan melihat Anda sebagai seorang yang menutup diri dan itu sangat buruk.

3. Ikutilah Kegiatan di Lingkungan Sekitar

Selalu ikutlah kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan sekitar. Jangan sampai Anda terlewatkan dengan kegiatan semacam kerja bakti lingkungan, acara yasinan atau acara-acara lain yang ada di lingkungan sekitar.

Kegiatan seperti itu sangat bagus untuk menjalin keakraban dengan lingkungan sekitar. Terutama bagi Anda yang jarang bergaul, maka kegiatan seperti itu sangat positif. Manfaatkan kegiatan yang ada di lingkungan sekitarmu dengan baik, jangan sampai Anda ketinggalan.

4. Kegiatan di Sekolah atau di Kampus Juga Bagus

Jika Anda masih sekolah atau masih menjadi seorang mahasiswa, maka kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah maupun yang ada di kampus bisa teman-teman ikuti. Kegiatan ekstra pasti ada banyak di kampus maupun di sekolah, selain untuk memacu kreatifitas kegiatan tersebut juga sangat bermanfaat sebagai sarana bergaul bagi Anda.

Teman-teman bisa berinteraksi dengan teman-teman yang lain. Dari sini Anda bisa mendapatkan suasana yang baru di luar rumah. Kegiatan seperti ini sekaligus bisa menjadi sarana refreshing bagi Anda yang jenuh bekerja dari dalam saja.

5. Jangan Hanya Berteman Dengan Kalangan yang Sama

Biasanya seorang pekerja bisnis online akan memiliki banyak teman dari kalangan yang sama. Artinya mereka kebanyakan juga bergaul dengan sesama pekerja online dengan kebiasaan dan aktifitas yang sama.

Ada baiknya jika Anda memperbanyak jaringan teman Anda di luar itu semua. Anda bisa menambah teman dari golongan yang berbeda, misalnya dengan pekerja kantoran, orang yang suka olahraga atau teman-teman yang lain. Ini bagus Anda lakukan, selain tentu saja untuk menambah silaturahim, tapi juga bisa mendukung jadwal Anda untuk lebih berinteraksi dengan orang lain.

Related posts

Leave a Comment