Bisnis Barang Bekas Online Kini Bisa Seuntung Jual Barang Baru

Mata siapa yang tidak nanar melihat tas branded dengan kondisi masih oke dengan harga yang cuma setengah harga toko? Malah terkadang tas macam ini bisa jadi nampak baru ketika kamu cakap merawatnya.

Sadar atau tidak beginilah tren belanja barang branded di kalangan wanita urban. Istilah kerennya, ‘Pre-Loved’. Barang-barang macam ini biasanya masih dalam kondisi layak pakai tapi sudah tidak lagi diingini oleh si pemilik. Daripada dibuang sayang, lebih baik dijual kembali dengan embel-embel Pre-Loved.

Salah satu platform yang menjual barang bekas adalah OLX. Platform yang dulunya berupa iklan baris ini memiliki 67% market share berupa barang bekas dengan satu juta pengguna aktif per harinya. Kamu yang punya barang bekas atau pun ingin menjual tas branded, sepatu, atau barang fashion lainnya bisa mulai berbisnis di platform ini tanpa harus membuka toko online.

Diakui oleh Edward Kilian sebagai CMO OLX bahwa saat ini produk binaannya mencoba lebih ramah dengan penjual perempuan. Salah satunya dengan penerapan fitur baru yaitu chat. Fitur ini tak mewajibkan kamu menuliskan nomor telepon pribadi sehingga terhindar dari orang iseng yang sekadar PHP (Pemberi Harapan Palsu).

“Pengguna perempuan kadang suka tidak nyaman dengan mereka yang kita sebut ‘strangers’. Dengan fitur chat mereka bisa saling bertanya soal produk yang dijual tanpa mencantumkan nomor telpon,” kata Edward.

Selain fitur chat, OLX mengubah total tampilan platformnya. Di mana pada halaman muka langsung ditampilkan barang-barang terbaru yang dijual. Selain itu ditambah lagi dengan fitur lokasi yang memudahkan penjual bertemu dengan pembeli yang sedang berada di lokasi terdekat dengannya.

“Jika lokasinya dekat kemungkinan transaksinya akan lebih besar. Image (di bagian muka platform) juga lebih besar dan tak perlu lagi mencari ‘Kategori’, tapi pengguna akan langsung melihat barang apa yang baru dan fresh,” tutur Daniel Tumiwa, selaku CEO dari OLX saat ditemui di kesempatan yang sama.

Apabila dirangkum, “wajah” baru OLX ini disebut Hyper Local, Hyper Simple, Trust, dan C2C (Customer ke Customer). Dengan begitu, kamu yang punya tas, sepatu, baju, perhiasan, yang kira-kira masih bernilai, bisa mulai kamu daya gunakan menjadi uang dengan mudah di platform ini.

“Foto barang yang ingin dijual juga bisa langsung diunggah tanpa perlu kasih keterangan lebih detail. Cukup foto, harga, dan iklan akan terpasang. Keterangan lainnya akan diisi oleh kami,” tambah Daniel lagi.

Coba kamu ubek-ubek lagi barang fashion yang ada di lemari. Daripada jadi debu, lebih baik kamu foto dan unggah dan akhirnya menjadi uang.

Related posts

Leave a Comment