5 Tips Untuk Mulai Belajar Menabung Agar Tidak Merasa Berat Dan Terbebani

Belajar menabung merupakan salah satu hal yang sangat mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk dilakukan oleh kebanyakan orang.Padahal menabung tidak selamanya harus di bank, anda bisa melakukannya di rumah dan tidak ada paksaan pula mengenai budget yang harus ditabungkan. Melainkan alangkah baiknya jika setiap orang bisa menyisihkan uang untuk di tabung dari pada banyak yang terbuang begitu saja untuk shopping dan lainnya.

Kebanyakan orang yang memiliki hobi belanja memang terbilang sulit untuk menabung. Justru mereka menganggap dengan menabung mereka merasa uang untuk belanja merasa terampas begitu saja. Sebernarnya agak kurang masuk akal ya. Ya hal ini wajar saja terjadi karena mereka yang hobi berbelanja sudah terbiasa menghasbikan uang dalam sekali transaksi. Inilah mengapa menabung dirasa lebih berat dari pada berbelanja.

Strategi belajar menabung untuk mencapai sukses finansial di masa depan

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi problem seperti ini. Menabung di bank ataupun di celengan sebenarnya tidak ada bedanya. Melainkan kemauan itulah yang sering menjadi permasalahan bagi anda. Berikut ini 5 tips supaya menabung menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dijalani.

#1 Membuka akun tabungan rencana

Kamu tidak perlu khawatir akan hal ini, karena mayoritas setiap bank sudah memiliki program seperti ini. Jadi yang perlu anda lakukan adalah daftar segera untuk membuka tabungan rencana.

Tiap bulannya uang anda akan ditarik dari akun bank biasa ke akun tabungan rencana. Untuk nominal uangnya dan waktu penarikan bisa anda tentukan sendiri. Tapi biasannya minimal nominalnya adalah sebesar Rp 500.000 setiap bulan jadi dengan program ini anda akan dilatih untuk menabung.

#2 Menabung dengan uang 20.000

Jika jumlah nominal uang yang ada di akun rencana tabungan ini telalu memberatkan anda maka anda bisa menggunakan rencana lain yang mungkin anda anggap lebih mudah.

Selama ini kegiatan menabung justru dianggap sebagai satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan karena mereka menganggap dengan menabung seakan merampas secara paksa uang jatah untuk belanja.

Tapi dengan menabungkan uang kertas senilai Rp 20.000 sudah tidak sulit lagi, karena kamu bisa merasakan hasilnya dengan kurun waktu yang tidak terlalu lama.

Jadi mulai sekarang jika uang anda sisa Rp 20.000 maka sebaiknya anda tabungkan bukan malah dihabiskan sekaligus. Segala sesuatu yang dimulai dengan kebaikan pasti hasilnya juga akan baik pada akhirnya.

#3 Masukkan koin 1000-an kedalam celengan

Ketika uang Rp 20.000 untuk sekali menabung anda anggap terlalu berat maka anda bisa mengurangi nominalnya, kalaupun masih terlalu berat maka anda bisa menabungkan uang recehan Rp 1.000 setiap harinya.

Tapi ingat ya kalau memang sudah komitmen untuk menabung jangan coba coba untuk mengotak atik isi celengan.

Usahakan anda membukanya tahun depan atau sampai celengan anda penuh. Jadi setiap kali anda menemukan uang recehan Rp 1.000 maka segeralah di tabungkan.

Ya walaupun nilanya sangat kecil jika anda rutin melakukannya pasti anda akan mendapatkan hasilnya nanti. Kalau kata pepatah sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit dan inilah pelajaran berharga yang akan anda peroleh.

#4 Tetapkan jumlah uang yang harus di sisihkan

Jika anda sudah memiliki kemantapan hati untuk menabung maka sebaiknya anda menetapkan jumlah nominal uang yang harus anda tabung setiap harinya.

Jadi cara seperti ini juga dapat melatih anda dalam mengelola keuangan pribadi atau mengatur penghasilan gaji perbulan dengan lebih efektif.

Hal itu pasti tidak akan memberatkan anda karena sudah menjadi komitmen yang harus anda laksanakan. Menetapkan anggaran menabung sangat penting sebab ini akan memacu atau memberikan sugesti yang baik agar anda sentiasa konsisten untuk mencapi tujuan.

#5 Teguhkan hati untuk menabung

Trik trik ataupun cara yang telah di paparkan sebelumnya tentu saja tidak akan berjalan mulus apabila anda tidak memiliki keteguhan hati untuk menabung.

Sehingga keyakinan hati anda untuk menabung itu harus benar benar dijalankan. Walaupun di sana sini banyak godaan untuk membeli barang maka berusahalah untuk mengabaikan, jangan sampai tergiur hingga membuat anda lupa dan gagal menabung.

Itu tadi beberapa tips supaya menabung tidak terasa berat. Siapa saja bisa mencobanya mulai sekarang. Menabung tidak sama dengan bisnis investasi yang masih memiliki resiko rugi. Manfaat menabung itu sudah jelas sangatlah banyak, salah satunya bisa menjamin masa depan anda sehingga ketika suatu saat terjatuh maka tidak terlalu khawatir menghadapinya.

Related posts

Leave a Comment